Salim, Yuni (2007) Analisis Perilaku Konsumen dan Siklus Hidup Produk dalam Merancang Strategi Pemasaran Produk Peralatan Dapur Berteknologi. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2799_Abstrak.pdf Download (54kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin maju menyebabkan semakin banyaknya produk-produk peralatan dapur berteknologi, khususnya rice cooker dan blender yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, perusahaan dituntut untuk menyusun suatu strategi pemasaran yang tepat, efektif, serta kompetitif, sehingga pihak perusahaan mampu mempertahankan posisinya di pasar dan berusaha untuk merebut pangsa pasar. Perencanaan strategi pemasaran yang tepat diperlukan identifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen serta perilaku konsumen karena perilaku konsumen dalam pembelian produk berteknologi memiliki suatu karakteristik yang berbeda. Selain itu, untuk menginterpretasikan dinamika produk dan pasar diperlukan juga analisis siklus hidup produk sehingga dapat merancang suatu strategi yang tepat berdasarkan tiap tahap dalam siklus hidup produknya. Sifat penelitian ini berhubungan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen yaitu kualitatif, maka metode pengumpulan data yang dipilih adalah menggunakan kuesioner. Sampel yang diambil adalah konsumen pengguna rice cooker dan konsumen pengguna blender, dimana masing-masing responden pernah membeli dan menggunakan rice cooker atau blender. Kuesioner dibagikan kepada responden hingga mencapai 160 eksemplar yang kembali dan valid, masing-masing pada konsumen pengguna rice cooker dan konsumen pengguna blender. Pada penelitian ini dilakukan beberapa analisis yaitu analisis deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui profil konsumen pengguna rice cooker dan konsumen pengguna blender. Pada penelitian ini dilakukan pula pengelompokan responden berdasarkan tipe adopsi, dimana mayoritas konsumen pengguna rice cooker adalah early majority (55,6%) dan late majority (16,9%), dan mayoritas konsumen pengguna blender adalah early majority (52,5%) dan late majority (17,5%). Kemudian dilakukan analisis crosstabs yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan latar belakang antara konsumen pengguna rice cooker dan konsumen pengguna blender, antara early majority dan late majority pada konsumen pengguna rice cooker, serta antara early majority dan late majority pada konsumen pengguna blender. Selain itu juga dilakukan analisis manova yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara konsumen pengguna rice cooker dan konsumen pengguna blender, antara early majority dan late majority pada konsumen pengguna rice cooker, serta antara early majority dan late majority pada konsumen pengguna blender berdasarkan variabel-variabel tingkat kepentingannya dalam pembelian rice cooker atau blender. Selanjutnya adalah analisis siklus hidup produk, pada analisis ini diketahui siklus hidup produk rice cooker dan blender yang berada dalam tahap growth. Begitu juga dengan analisis siklus hidup produk merek Cosmos, diketahui siklus hidup produk rice cooker dan blender merek Cosmos berada dalam tahap growth. Dari hasil keseluruhan analisis yang dilakukan maka dapat direncanakan strategi pemasaran yang juga mencakup 4 dimensi bauran pemasaran yaitu product seperti: meningkatkan kualitas produk, memberikan garansi, dan lain-lain; price seperti: strategi penetration pricing, diskon musiman, dan lain-lain; place seperti: strategi cakupan distribusi instensif, memasarkan produk di toko-toko eletronik dan lain-lain; serta promotion seperti: memasang iklan TV, memberikan voucher belanja, mengadakan pameran, dan lain-lain.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 08 May 2017 07:47 |
Last Modified: | 08 May 2017 07:47 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29787 |
Actions (login required)
View Item |