Analisis Perbandingan Brand Equity dan Customer Equity pada Telkom Flexi Trendy dan Esia Bakrie Telecom Prabayar di Jakarta

Lestari, Ardy Dwi Putra (2007) Analisis Perbandingan Brand Equity dan Customer Equity pada Telkom Flexi Trendy dan Esia Bakrie Telecom Prabayar di Jakarta. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2803_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2803_Abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135037

Abstract

Adanya kehadiran empat operator CDMA makin mendinamiskan bisnis teleko mikasi di Indonesia sehingga telah melahirkan sebuah persaingan yang cukup ketat. Hal 1m dapat dilihat dengan adanya perang tarif pulsa yang murah antar operator. Flexi dan Esia adalah salah satu operator CDMA di Jakarta yang juga tengah menghadapi persaingan ini: Persaingan tersebut menyebabkan Flex.i dan Esia hams bisa mempertahankan keadaannya di pasar saat ini dan harus berusaha merebut pangsa pasar. Untuk itu, Flex.i dan Esia perlu mengetahui posisinya di pasar saat ini dengan cara mengukur brand equity lewat riset kepada bagian-bagian brand equity. Selain itu perusahaan juga membutuhkan customer equity agar pelanggan tetap dekat dengan merek serta berupaya untuk mengelola dan memaksimalkan pelanggan sebagai aset. Dengan mengetahui kekuatan brand equity dan customer equi(v, maka Flex.i dan Esia dapat mt:nyusun strategi untuk mengelola kedua aset tersebut Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 400 responden di Jakarta. Setelah terkumpul, data-data dari kuesioner ini diuji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui ketepatan alat ukur dan untuk mengetahui sejauh mana hasil pengukuran dapat dipercaya. Selanjutnya data-data tersebut diolah untuk pengukuran brand awaraness, brand loyalty, brand association, dan perceived quality, customer acquisition, customer retention, dan add on selling dari Flex.i dan Esia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini antara lain adalah analisis deskriptif untuk mengetahui latar belakang responden. Analisis tabulasi silang dengan menggunakan tabel kontingensi antara variabcl usia dan peketjaan dengan variabel pertimbangan dalam memilih operator CDMA, darimana mengetahui operator CDMA, kesadaran konsumen, perilaku konswnen, dan add on selling. Analisis statistik dengan menggunakan Z uji untuk mengetahui apakah ada perbedaan nilai rata-rata (mean) antara variabel-variabel yang digunakan sebagai dasar pengukuran pada Flexi dan Esia. Analisis diskriminan untuk menentukan variabel-variabel brand equity dan customer equity mana saja yang merupakan pembeda terkuat. Kemudian dibuat scorecard untuk mengetahui total nilai ekuitas antara operator CDMA Flexi dan Esia. Dari analisis statistik Z hitung diketahui bahwa banyak variabel Esia yang dipersepsikan lebih baik daripada Flexi oleh responden terutama pada variabel kualitas sinyal yang bagus, voucher yang mudah didapat, customer service by online yang memuaskan, mudah untuk connect, akses jaringan intemasional yang banyak, akses GPRS/intemet yang cepat, tidak akan berpindah ke CDMA lain jika tarif pulsanya naik, dan tidak akan berpindah ke COMA lain yang menyediakan sesuatu yang lebih. Dari scorecard diperoleh nilai ekuitas merek untuk Flexi sebesar 2,047, nilai ekuitas pelanggan sebesar 2,233 dan ekuitas total untuk Flexi adalah sebesar 2,14, sedangkan untuk Esia diperoleh nilai ekuitas merek sebesar 2,5228, nilai ekuitas pelanggan sebesar 2,772 dan ekuitas total adalah sebesar 2,6474. Dari analisis diskriminan diketahui beberapa variabel pembeda terkuat, yaitu voucher yang mudah didapat, akses intemet/GPRS yang murah, coverage area yang menasional, SMS yang dituju tak pemah hilang, SMS selalu tiba dengan cepat, akses intemetJGRPS yang murah, anda akan memakai CDMA ini jika ada promo berhadiah, akan berpindah ke CDMA lain yang menyediakan tarif pulsa lebih murah, tak akan pindah ke CDMA lain jika tarif pulsanya naik, voucher banyak tersedia di banyak tempat, sudah pemah menggunakan produk sampingan. Dengan demikian dapat dibuat beberapa strategi perbaikan untuk Flex.i dan Esia berdasarkan metode-metode yang telah dipakai sebelumnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 09 May 2017 06:52
Last Modified: 09 May 2017 06:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29799

Actions (login required)

View Item View Item