Wardani, Indah Serli (2007) Pengukuran Produktivitas Industri Jasa di Hypermarket XYZ Surabaya dengan Metode Modifikasi Omax. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2820_Abstrak.pdf Download (47kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Hypermarket XYZ merupakan salah satu ritel yang berada di wilayah Surabaya Selatan. Supaya dapat bertahan dan bersaing dengan Hypermarket yang lain, maka Hypermarket XYZ perlu melakukan pengukuran produktivitas. Selama ini pengukuran yang dilakukan hanya berdasarkan pada finansial perusahaan saja. Sebagai perusahaan yang bergerak dibidangjasa, pengukuran tersebut belum cukup untuk memberikan gambaran yangjelas mengenai tingkat produktivitas Hypermarket. Hypermarket XYZ ingin mengetahui tingkat produktivitas dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kinetja Hyermarket XYZ, sehingga Hypermarket XYZ dapat mempertahankan dan memperbaiki produktivitas perusahaan dimasa yang akan datang. Oleh karena itu, diperlukan pengukuran produktivitas pada Hypermarket XYZ melalui aspek internal, kapasitas, dan eksternal. Pengukuran Hypermarket XYZ ini menggunakan model modifikasi OMAX yang diolah dengan program ProMAX. Pengukuran ini memiliki 3 aspek penting, yaitu : melalui efisiensi internal, kapasitas, dan eksternal. Dari 3 efisiensi tersebut akan dijabarkan lagi menjadi beberapa fungsi. Pada Hypermarket XYZ ditentukan 4 fungsi produktivitas, yaitu : fungsi purchasing, fungsi selling, fungsi warehouse management dan fungsi service. Kemudian dari fungsi ini ditentukan kriteria-kriteria yang mendukung produktivitas perusahaan. Pada Hypermarket XYZ, efisiensi internal mempunyai 5 kriteria, efisiensi kapasitas mempunyai 2 kriteria, dan efisiensi eksternal mempunyai 3 kriteria. Lama pengukuran yang dilakukan adalah 12 periode. Nilai produktivitas terbaik diperoleh pada periode 5 dengan nilai produktivitas untuk efisiensi internal sebesar 2,0370, nilai produktivitas untuk efisiensi kapasitas sebesar 0,4190, nilai produktivitas untuk efisiensi eksternal 1 sebesar 1,0372 dan nilai produktivitas untuk efisiensi eksternal 2 sebesar 0,6000. Sehingga diperoleh nilai produktivitas total sebesar 4,0314. Nilai produktivitas terburuk diperoleh pada periode 1 dengan nilai produktivitas untuk efisiensi efisiensi internal sebesar 0,8807, nilai produktivitas untuk efisiensi kapasitas sebesar 0,1323, nilai produktivitas untuk efisiensi eksternal 1 sebesar 0,4011 dan nilai produktivitas untuk efisiensi eksternal 2 sebesar 1. Sehingga didapat nilai produktivitas totalnya sebesar 2,3832. Setelah dilakukan pengukuran dan analisis, maka diketahui penyebab turunnya nilai produktivitas Hypermarket XYZ, yaitu : pada efisiensi internal adalah kriteria tingkat produk rusak dan kriteria tingkat keamanan produk, pada efisiensi kapasitas tidak terdapat penyebab penurunan produktivitas dan pada efisiensi eksternal adalah kriteria tingkat rata-rata lama waktu antri di kasir. Dari basil analisis, maka dapat disarankan beberapa usulan perbaikan yang berguna bagi peningkatan produktivitas hypermarket XYZ. Usulan perbaikan tersebut adalah menghindari adanya tumpukan kardus yang melebihi batas maksimum untuk menghindari meningkatnya jumlah produk yang rusak, diterapkannya 5S pada hypermarket XYZ, melakukan body check pada saat karyawan datang dan pada saat pulang, dan ketika karyawan keluar masuk hypermarket XYZ pada waktu istirahat untuk menghindari meningkatnya jumlah produk yang hilang dan mengganti mesin EDC (Electronic Data Capture) yang rusak dengan mesin EDC model baru untuk meminimumkan lama waktu antri di kasir.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 09 May 2017 11:29 |
Last Modified: | 09 May 2017 11:29 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29811 |
Actions (login required)
View Item |