Analisis Perilaku Konsumen Di Optik Glory

Soewanto, Handri (2006) Analisis Perilaku Konsumen Di Optik Glory. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2668_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2668_Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135158

Abstract

ABSTRAK Optik Glory telah berdiri sejak tahun 1985. Berdirinya Optik Glory ini dilatar belakangi dengan banyaknya orang-orang yang memiliki masalah dengan penglihatan (tidak dapat melihat jark jauh I dekat) Saat ini optik dituntut untuk dapat memenangkan persaingan sebingga setiap perusahaan harus memiliki strategi pemasaran tepat sebingga persaingan antar optik semakin bersaing. Hal ini menjadikan Optik Glory dituntut untuk dapat menyusun. merencanakan, memakai suatu kebijaksanaan stategi pemasaran yang tepat efektif, efisiensi, serta kompetitif agar mampu mempertahankan konsumen yang sudah ada. Usaha yang dapat dilakukan untuk melakukan strategi yang tepat yaitu dimulai dengan mengetahui basil kuesioner yang disebarkan dan diisi oleb konsumen Optik Glory, diketahui bahwa sebagian besar teratas pada pasar sasarannya terdapat pada kelemahan optik yang dibeli yaitu model kacamata kurang bervariasi, pelayanan tidak memuaskan, pemeriksaan mata tidak akurat, waktu pengerjaan lama, tokonya penuh dan antri, karyawan tidak ramah dan suasana kurang nyaman. Dimana yang paling mayoritas kelemahan optik adalah pelayanan tidak memuaskan dan pemeriksaan mata tidak akurat.dan juga mayoritas konsumen dari Optik Glory adalah perempuan sebanyak 120 orang (600/o) sebagai priorotas pertama. Untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk Optik Glory berdasarkan latar belakang masalah yaitu karakteristik konsumen Optik Glory, Pengelompokkan konsumen menurut gaya bidup konsumen Optik Glory, kepusan konsumen akan penggunaan produk dan pelayanan yang diberikan serta mengetahui situasi posisi persaingan Optik Glory dengan optic-optik yang lain. Kuesioner yang disebarkan pada penelitian ini terdiri dari 4 ( empat) bagian kuesioner, yaitu kuesioner I mengenai latar belakang dan kebiasaan konsumen yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari konsumen Optik Glory sehingga metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, kuesioner II mengenai loyalitas konsumen, kuesioner III mengenai kepuasan konsumen dan analisis yang digunakan adalah analisis Manova, kuesioner IV mengenai perbandingan Optik Glory dengan optik-optik lain yang sejenis bertujuan untuk mengetahui situasi persaingan Optik Glory dengan optik-optik lain dan metode analisis yang digunakan adalah analisis Multidimensional Scaling dan kuesioner V mengenai pernyataan gaya bidup yang bertujuan untuk mengetahui segmentasi dari konsumen Optik Glory dan analisis yang digunakan adalah analisis Crosstabs, Setelah melakukan pengolahan data pada kuesioner III yaitu mengenai kepuasan konsumen dengan menggunakan analisis Manova didapatkan bahwa variabel gaya bidup Pleasure, Commander dan Low-High memiliki tingkat kepuasan yang berbeda terbadap Optik Glory adalah karyawan bisa memberikan banyak pilihan kepada konsumen. suasana ruangan toko nyaman, kacamata tidak mudah patah dan pecah, model dan wama kacamata menarik selera, pemeriksaan berkala 6 bulan sekali secara gratis. Sedangkan untuk pengolahan data pada kuesioner IV yaitu mengenai perbandingan Optik Glory dengan optik-optik lain menggunakan analisis Multidimensional Scaling didapatlan bahwa keunggulan Optik Glory adalah barga dan promosi. Dan pengo laban data pada kuesioner V mengenai pernyataan gaya bidup dibagi menjadi 3 Variabel gaya bidup yaitu Pleasure-Achievement Factor, Follower-Commander Factor dan Low-High Profile dan Optik Glory lebih baik mentargetkan segmen Follower-Commander Factor karena jumlah responden yang lebih banyak sebesar 73 responden .. Dari basil analisis diharapkan dapat memberikan masukan bagi Opik GLory untuk mengetahui citra dan keunggulan Optik Glory terbadap konsumen, mengetahui performance kompetitor dari Optik Glory dan analisis tersebut digunakan untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 12 May 2017 01:26
Last Modified: 12 May 2017 01:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29821

Actions (login required)

View Item View Item