Pengaruh Sikap Machiavellianism dan Social Responsibility Terhadap Perilaku Tax Avoidance yang di Lakukan oleh Wajib Pajak di Indonesia ( Jawa Tengah dan Jawa Timur )

GUNAWAN, ADITYA SANTOSO (2016) Pengaruh Sikap Machiavellianism dan Social Responsibility Terhadap Perilaku Tax Avoidance yang di Lakukan oleh Wajib Pajak di Indonesia ( Jawa Tengah dan Jawa Timur ). Masters thesis, University of Surabaya.

[img]
Preview
PDF
MAK_87_Abstrak.pdf

Download (43Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/245201

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkonfirmasi hipotesis dari peneliti, dimana faktor internal seperti Machiavellianism dan faktor eskternal seperti social responsibility diindikasikan memiliki signifikansi dari perilaku tax avoidance yang dilakukan oleh wajib pajak khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dimana dari penelitian terdahulu di luar negeri terdapat fakta bahwa social responsibility dan machiavellianism cenderung memiliki korelasi negatif Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dan termasuk ke dalam basic research, dimana penelitian ini berfungsi untuk menguji teori atas hipotesa yang telah dibuat peneliti mengenai bagaimana kaitan antara social responsibility dan machaivellianism dengan tax avoidance dimana penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuisioner Dalam kehidupan sosial , adanya faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perilaku seseorang, salah satunya perilaku mengenai tax avoidance. Faktor internal yaitu Machiavellianism dimana perilaku ini cenderung merugikan orang lain serta faktor eksternal yaitu social responsibility dimana perilaku ini cenderung terbentuk karena lingkungan sekitar. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa semakin tinggi tingkat Machiavellianism maka semakin tinggi orang untuk melakukan tax avoidance, sedangkan semakin tinggi tingkat social responsibility maka seseorang cenderung untuk melakukan tax avoidance. Hal ini tergolong unik karena di Indonesia adanya ketidakpercayaan terhadap birokrasi pemerintahan yang cenderung korupsi membuat adanya kompensasi perilaku tanggung jawab sosial ke bidang lainnya selain pajak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: tax avoidance, machiavellanism
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Accounting
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 16 May 2017 08:12
Last Modified: 16 May 2017 08:12
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29865

Actions (login required)

View Item View Item