Analisis Customer Equity City Car Hyundai Atoz untuk Mengevaluasi Daya Saingnya

Yuliana, Resta (2004) Analisis Customer Equity City Car Hyundai Atoz untuk Mengevaluasi Daya Saingnya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TM_2378_Abstrak.pdf

Download (209Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135476

Abstract

Persaingan dalam industri otomotif saat ini makin ketat, banyak merek-merek mobil baru masuk ke Indonesia yang menyebabkan merek lama tergeser. Namun di lain pihak tetap sulit juga bagi merek-merek baru tersebut untuk mengeser merek yang sudah mapan di Indonesia seperti Toyota, Honda, Suzuki, dan lain-lain. Untuk. memenangkan persaingan tersebut, perusahaan harus memiliki customer equity yang kuat dan pe1anggan yang loyal pula. Dimana nantinya perusahaan akan mudah meraih pendapatan jika perusahaan memiliki customer equity (value equity, brand equity, dan retention equity) yang kuat. Dalam customer equity ini dilakukan upaya agar pelanggan tetap intim dengan merek tersebut serta perusahaan berusaha mengelola dan memaksimalkan pelanggan sebagai aset perusahaan. Pada penelitian ini, sampel yang diambil adalah konsumen pengguna city car. Baik city car Hyundai Atoz dan city car lain, yang diambil di kampus-kampus, plasa-plasa, department store, dan lain-lain. Peneletian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner pada konsumen city car baik city car Hyundai Atoz dan city car lain yang tinggal di Surabaya sebanyak 100 responden. Hal ini bertujuan untuk mengetahui customer equity dari city car Hyundai Atoz. Metode anahsis yang digunakan antara lain metode deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik demografi responden, yang kemudian dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap data yang diperoleh dari kuesioner. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah variabel-variabel dalam kuesioner sudah valid dan reliabel. Selain itu akan dilakuk:an uji Anova untuk mengetahui ada tidaknya beda perilaku konsumen dalam memilih dan membeli city car dengan masing-masing variabel customer equity ( value equity, brand equity, dan retention equity ) Berdasarkan pengukuran value equity-nya didapatkan mean antara 3.0870-3.5507, dan brand equity dengan mean antara 3.2754-3.3913, sedangkan retention equity dengan mean antar 3.3676-3.5362. jadi customer equity city car Hyundai Atoz tergolong kuat. Karena customer equity-nya kuat maka akan dapat ditentukan strategi untuk memperbaiki kelemahan perusahaan city car Hyundai Atoz saja. Strategi yang diusulkan seperti perbaikan pada fasilitas mobil, layanan puma jual, nilai jual, dan perusahaan malakukan program-program periklanan agar citra merek tertanam dibenak konsumen. Dan diharapkan pihak Hyundai Atoz dapat mempertahankan pelanggannya dari tahun ke tahun dan dapat terus ditingkatkan, dan tentu saja kalau bisa merebut pasar city car lain clan menjadi market leader di kelas dan segmennya sebagai city car yaitu mobiJ· yang berukuran kecil dengan kapasitas mesin yang kecil, pengunaan BBM irit, dan mudah digunakan bermanuver di dalam kota

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 16 May 2017 08:43
Last Modified: 08 Feb 2018 00:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29871

Actions (login required)

View Item View Item