Analisis Perilaku Konsumen dan Perencanaan Strategi Pemasaran pada English First Sidoarjo

Hoedijono, Natanael Hizky (2005) Analisis Perilaku Konsumen dan Perencanaan Strategi Pemasaran pada English First Sidoarjo. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2389_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2389_Abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135428

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa intemasional yang paling banyak digunakan di dunia maupun di Indonesia. Kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa internasional sangatlah diperlukan oleh sumber daya manusia yang ada untuk mengikuti perkembangan dan perubahan yang teJjadi. Hal tersebut membuat usaha lembaga kursus bahasa Inggris saat ini berkembang dengan pesat seiring dengan semakin lebarnya pasar konsumen. English First merupakan salah satu lembaga kursus bahasa Inggris yang ada di Indonesia saat ini. English First memiliki beberapa cabang dan salah satunya berlokasi di jalan Taman Pinang lndah A-ll I 5-6 SidoaJjo. Untuk meningkat.kan kepuasan konsumen dan memperluas pangsa pasarnya, maka dilakukan anasisis perilaku konsumen dan perencanaan strategi pemasaran pada English First Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dan merencanakan strategi pemasaran. Konsep dari strategi pemasaran yaitu segmentation, targeting, differentiation and positioning yang dikombinasikan dengan 8P. Pengumpulan data berasal dari konsumen English First SidoaJjo sebagai responden konsumen dan masyarakat umwn sebagai responden konsumen potensial. Teknik sampling yang digunakan adalah judmental sampling dengan jumlah responden 100 konsumen dan I 00 konsumen potensial. Perbedaan dari konsumen dan konsumen potensial didapatkan dari analisis crosstab (ada 6 variabel) dimana variabel yang teJjadi perbedaan antara konsumen dengan konsumen potensial adalah jenis kelamin, usia, pengeluaran pribadi, pengeluaran untuk kursus, dan alasan kursus. Pada analisis MANOV A (ada 18 variabel tingkat kepentingan) variabel yang teJjadi perbedaan antara konsumen dengan konsumen potensial adalah jadwal kursus yang sesuai dengan kebutuhan~ metode pembelajaran yang tidak membosankan, fusilitas pendukung yang lengkap, dan biaya kursus yang teijangkau. Analisis kuadran berfungsi untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan English First Sidoaljo. Kelebihannya antara lain citra lembaga kursus yang baik, metode pembelajaran yang tidak membosankan, materi pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, materi pelajaran yang mudah untuk dimeogerti, pelayanan pekeJja lembaga kursus yang rarnah, tenaga pengajar bahasa lnggris yang ramah, infonnasi tentang kursus yang jelas, dan kesesuaian antara biaya kursus dengan nilai (value) yang diberikan. Kelemahannya antara lain jadwal kursus yang sesuai dengan kebutuhan, fusilitas kursus (kelas dan perlengkapan di dalarn kelas) yang lengkap, dan biaya kursus yang teJjangkau. Dalam penelitian ini diberikan beberapa usulan perbaikan strategi pemasaran seperti target pasar untuk goJongan usia anak-anak sampai remaja yang berasal dari kalangan meoengah dan atas; diferensiasi pasar dari segi kualitas dan dari segi kelengkapan fusilitas pendukung; posisi pasar sebagai lembaga kursus bahasa lnggris yang memiliki nama terkenal, kualitas dengan standar internasional, dan fasilitas pendukung yang lengkap; serta beberapa taktik: pemasaran usulan yang disusun berdasarkan dintensi 8P untuk meningkatkan daya saing dan kepuasan konsumen terhadap fusilitas-fasilitas yang dimiliki oleh English First SidoaJjo.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 16 May 2017 08:51
Last Modified: 16 May 2017 08:51
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29872

Actions (login required)

View Item View Item