Analisis Kualitas Layanan di Jaya Variasi Sidoarjo

Tanojo, Adi Pusponegoro (2005) Analisis Kualitas Layanan di Jaya Variasi Sidoarjo. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2394_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2394_Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135442

Abstract

'Jaya Variasi' merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidangjasa yaitu menyewakan variasi mobil. Dengan semakin semaraknya persaingan dan munculnya tempat-tempat variasi baru menyebab.kan timbuJnya persaingan yang ketat dalam bidang usaha ini sehingga 'Jaya Variasi' barus bisa mempertahankan bisnisnya. Penelitian ini dilakukan di'Jaya Variasi' yang berlokasi d.i Jl. H.S Prio Sudatmo Rk JenggoloMas 168 Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah Wltuk mengetahui tingkat kualitas layanan dari 'Jaya V ariasi' apakah sudah sesuai dengan kualitas layanan yang diharapkan oleb konsurnen. Penelitian ini menggunakan metode servqual yang dibagi menjadi Iima dimensi yaitu dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada konsumcn dari 'Jaya Variasi' dengan bertujuan untuk mengetabui tingkat b.arapan dan persepsi dari konsumen atas kualitas layanan yang diberikan 'Jaya Variasi'. Dilakukan juga anaJisis gap I ~3,5 terbadap dimensi servqual, selanjutnya menyusun usulan peibaikan . Dari basil pengumpulan dan pengolahan data diperoleh dua kelompok responden, cluster 1 (124 orang) adalab konsumen yang menganjurkan orang lain untuk berkunjung ke ~Jaya Variasi' (Komit) dan cluster 2 (26 orang) adalah konsumen yang tidak pernah menganjwkan orang lain untuk berkunjtmg ke 'Jaya Variasi' (Tidak Komit). Ketergantungan kedua kelompok tersebut dibedakan mela1ui Jenis kel~ status saat ini, peke.tjaan saat ini, d.arimana mengenal. Analisis kuadran digwWcan untuk mengetahui kelemabanlkekurangan dari ~ Jaya Variasi' dengan menghitung dalam tanda mutlak selisih antara persepsi dan harapan pada tiap-tiap variabel, variabel yang meqjadi kelemahan untuk cluster 1 adalah fasilitas menunggu memadai (mean: -1.04) , kerapian pemasangan kaca film (mean: -1.40), harga sesuai dengan kualitas Jayanan yang diberikan (mean:-1.07), cepat dalam memasang kaca film (mean: -1.42), karyawan mengerti dan memahami barang yang ditawarkan (mean: -1.41 ), kualitas pemasangan kaca film baik (mean: -1.50) sedangkan tmtuk cluster 2 adalah jumlah karyawan memadai, fasilitas untuk menunggu memadai (mean: -1. 77), kerapian pemasangan kaca film (mean: -2.31 ), cepat dalam memasang kaca film (mean: -1.92), karyawan mengerti dan memahami barang yang ditawarkan (mean: -2.43), kualitas pemasangan kaca film baiJc (mean: -2.16). Oleh karena itu agar tercapai kepuasan konsumcn, maka 'Jaya Variasi' sebaiknya melakukan perbaikan terhadap variabel-variabel tersebut. Perbaikan yang sebaiknya dilakukan oleh pihak manajemen 'Jaya Variasii yaitu menambah layanan dengan spooring dan balancing, training karyawan, membuat prosedur I standar tertulis, berkomunikasi dengan konsumen lebih :metnperhatikan dan menindaklanjuti keluban konsumen, memperbanyak discount. Membuat paket hemat I murah, mengganti tempat duduk, memperhatikan stock makanan dan minuman, membuat prosedur kerja yang efisien.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 16 May 2017 09:05
Last Modified: 16 May 2017 09:05
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29876

Actions (login required)

View Item View Item