Puspitasari, Ira (2004) Perbaikan Strategi Pemasaran Di Toko Roti Sapta Mulya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2367_Abstrak.pdf Download (215kB) | Preview |
Abstract
Kondisi saat ini usaha seperti toko roti tidak luput dari dampak persaingan yang semakin tajam. Terutama sekarang ini muncul banyak toko-toko roti baru yang menawarkan produknya dengan berbagai variasi, bentuk dan rasa yang lebih menarik. Oleh karena itu pihak manajemen Sapta Mulya perlu strategi-emasaran yang tepat. Maka dari itu dengan mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan serta mencari consumer (wants dan needs) yang diinginkan pasar potensial sebagai calon konswnen sangat penting untuk meningkatkan penjualan toko roti Sapta Mulya. Untuk mengidentifikasi kebutuhant keinginan baik pelanggan maupun konsumen potensial yang belum pemah mencoba membeli roti di Sapta Muly~ maka perlu dilakukan analisis perilaku konsumen. Untuk memenangkan konsumen sasaranny~ Sapta Mulya merencanakan perbaikan strategi pemasaran baik dari STPD yang akan memberikan produk roti dengan ciri khas dan keunggulan tersendiri maupun 4P. Untuk menyusun strategi yang tepat perlu mengetahui tingakat kepuasan dan loyalitas pelanggan dan konsumen potensial terhadap variabel-variabel yang menjadi kepentingan toko roti secara umum. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner di Sapta Mulya dan di luar Sapta Mulya. Kuesioner untuk pelanggan terdiri dari 4 bagian yaitu tentang profil, tingkat kepuasan, tingkat loyalitas clan faktor pembelian yang dipentingkan. Sedangkan pada konsumen potensial terdiri dari 3 bagian yaitu tentang protil, tingkat loyalitas clan faktor pembelian -.\ . Dari basil pengolahan diketahui bahwa needs dan wants dari pelanggan adalah rasa roti enak (13%) dan harga terjangkau (13%), hal ini dikarenakan anggaran pelanggan dalam membeli roti di atas Rp.30.000 ( 42%). Untuk konsumen potensial value needs clan wants terhadap toko roti adalah rasa enak (16%) dan harga murah (16%) karena konsumen potensial hanya mengganggarkan Rp.20.001-Rp.30.000 (33.8%). Dari analisis loyalitas temyata konsumen potensial tidak loyal (82%), ini menjelaskan bahwa konsumen adalah orang yang berpotensi untuk ditarik menjadi pelanggan Sapta Mulya. Dari analisis bencmarking Sapta Mulya unggul dari segi rasa (26.36%) dan harga (31.58%), sedangkan kelemahannya pada promosi dan lokasi. Dari basil analisis tersebut perbaikan yang diusulkan adalah pada dimensi promosi dan place. Pada dimensi place, pelanggan Sapta Mulya mengeluhkan bahwa papan nama Sapta Mulya perlu dipasang neon sign/bill board (23.14%). Sedangkan pada dimensi promosi pihak Sapta Mulya perlu mengiklankan produknya karena 76% konsumen potensial tidak mengetahui keberadaan Sapta Mulya.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Jumagi 197012 |
Date Deposited: | 17 May 2017 02:55 |
Last Modified: | 17 May 2017 02:55 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29885 |
Actions (login required)
View Item |