Perancangan Strategi Pemasaran Guna Membantu Upaya PT. Deer Abrasive Indonesia dalam Meningkatkan Market Share

Lukito, Yuwono (2005) Perancangan Strategi Pemasaran Guna Membantu Upaya PT. Deer Abrasive Indonesia dalam Meningkatkan Market Share. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2390_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2390_Abstrak.pdf

Download (366kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135447

Abstract

Negara Indonesia yang kaya akan hasil hutan menyebahican hanyc:knya industri perkayuan di negeri ioi. Hal ituJah yang melatar belakang,i P.T 0f?'U Abrasive Indonesia (P.T. DAI) sebagai perusahaan amplas melakukan investasi c:\i lt!rlvnesia. Manajemen P.T. DAl ketika berdiri memasang target untuk menjadi market/e.lder dalam waktu Iima tahun. Penetitian ini bertujuan untuk merancang strategi <segmentation, targeting, positioning) dan taktik (dijforentiation, maJ·keJing mix, selling) sehingga dapat memberikan valt1e (brand, service, process) yang lebih baik kepada konsumen. Konsep dari strategi, takrik, dan value ini menggunakan baglan Market~mg (sub model Archilecmre) dari Sustainable Market-ing Hnlerprise (SMP.). Pengumpulan data bcrasal dari konsumen Jan ktmsumcn potensial dari P.T DAI yang semuanya adalah tergolong ke dalam pasar bisnis. Teknik .~amplingyang digunakan adalah pr.trposive sampling dengan jumtah responden 69 konsumen dan 77 konsumen potensial. Perbedaan dari konsumen dan konsumen potensial didapatkan dari hasil ·analisis rr..anova yrutu kuaJitas amplas, konsistensi kualita'l, ready stock, ketepatan waktu delivery, n;spon customer service, prosedur komplain, serta !.. ~ i!pian sales pel'3on. Sedangkan dari hasil analisis crosstabs tidak diternukan adanya perbeda.an antara konsumen dengan konsumen potensial. Dari analisis uji perbedaan mea'1 diketahua ada variabel yang ridak memiliki perbedaan untuk persepsi dan ekspektasi adaldh harga yang tetjangka'J dan prosedur melakukan pemesanan. Kemudian untuk analtsis kuadran ~·ang berfungsi mengetahui kelebihan dan kelemahan dari P.T. OAf, kelebihan dan P.T. DAl adalah harga yang sesuai kualitas, kualitas yang baik dan k.onsisten, ready stock, serta <lelivery yang sesuai jumlah dan jenis pesanan. Sementara kelemahan PT. OAT adalah kctepatan waktu delivery, kecepatan respon after sales service, dan kemudahan prosedur komplain. Untuk: tir~gkat loyalitas mayoritas responden konsumen berada pada kategori habimal (40.6%) dan satt4ied (39 1%), sedangkan mayorttas responden konsumen potensiaJ berada pada kategori habitual (41.5%). Dalam penelitian i'li diberikan ttsulan mcngenat segmen pasar. dari P.T. DAf, yrutu perusahaiJn plywood, par1lcle board, wood worlcmg, dan furniwre, Sedangkan po.titioning nya adalah amplas dengan harga terjangkau dan kualitas baik serta barang yang ready stock Difercnsiasinya disesuaikan dengan positioning usula.n, dan perbaikan dari 4P diusulkan terutama pada dimensi produk dan promosi yrutu dengan menambah karyawan after sales service dan mempersingkat pct'tanyaan komplain serta memberikan sampcl runplas kepada konsumen potensial. Sedangkan untuk selling, ''Deer' diusulkan untuk menjual suatu solusi yaitu amplas dengan harga murah dan -Japm menghasifkan produk yang halus (sollution selling). Dara 66.2% responden kon~umen potensial yang menjawab pemah mengetahui arnplas "Deer", dapat diketahu1 bal,wa D;er _hrand cukup dikenal oleh konsumen potensial. Sedangkan untuk .¥ervtce bec·Jp:;l ar,anya after sales .<>ervice. Untuk proses yang dapat d1kendalikan oleh PT DAl ada!qlt ;:.roses memproduksi rol amplas yang berkua!itas.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 22 May 2017 08:40
Last Modified: 22 May 2017 08:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29942

Actions (login required)

View Item View Item