Tambuku, Jessica Sabrina Evelyn (2017) Hubungan Antara Persepsi Harga, Persepsi Lokasi, dan Trust In Employee dengan Impulsive Buying Pelanggan Multi Level Marketing (MLM) Paloma Shopway Sidoarjo di Store X. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
IN_1157_Abstrak.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
Setiap individu akan selalu dihadapkan pada suatu pilihan dalam pengambilan keputusan pembelian, apalagi adanya sistem Multi Level Marketing (MLM) dengan penawaran katalog secara langsung maupun online sehingga memudahkan masyarakat berbelanja. Kemudahan belanja juga ditemukan dengan adanya store yang dibuka oleh pihak MLM. Dalam proses pembelian, tidak jarang proses pembelian konsumen timbul secara tiba-tiba. Impulsive Buying adalah pembelian seketika itu juga, yang sebelumnya tidak memiliki tujuan untuk membeli suatu barang (Beatty & Ferrell, 1998). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara detail apakah ada hubungan antara presepsi harga, persepsi lokasi, dan trust in employee dengan impulsive buying pelanggan MLM Paloma Shopway Sidoarjo. Subjek pada penelitian ini adalah pelanggan Paloma Shopway Sidoarjo dengan total jumlah 150 pelanggan. Penelitian ini akan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, serta data sekunder. Kuesioner untuk impulsive buying, persepsi harga, persepsi lokasi, dan trust in employee dibuat secara mandiri oleh peneliti dengan acuan aspek-aspek dari variabel penilitian yang juga dipertimbangkan dari teori-teori pendukung dan kuisioner diukur menggunakan skala likert 1-5. Teknik analisis yang digunakan adalah uji alat ukur, uji asumsi, dan analisis uji korelasi bivariate. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini:1) Persepsi harga memiliki hubungan yang tidak signifikan dengan impulsive buying (r=0,078;p≥0,240(kendall), r=0,102;p≥0,280(spearman)). 2) Persepsi lokasi memiliki hubungan yang tidak signifikan dengan impulsive buying(r=0,076;p≥0,243(kendall), r=0,094;p≥0,321(spearman)). 3) Trust in employee memiliki hubungan yang signifikan dengan impulsive buying (r=0,167;p≤0,012(kendall), r=0,235;p≤0,012(spearman)). Saran penelitian adalah, pihak Paloma lebih mengembangkan lokasi keberbagai daerah, meningkatkan kualitas produk yang sebanding dengan harga, melakukan pelatihan kepada karyawan agar meningkatkan kepekaannya terhadap pelanggan untuk meningkatkan trust in employee pada pelanggan. Untuk penelitian selanjutnya lebih fokus pada aspek-aspek indepent variabel dan lebih memperdalam teori-teori yang digunakan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Impulsive Buying =, Persepsi Harga |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 23 May 2017 07:51 |
Last Modified: | 23 May 2017 07:51 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29954 |
Actions (login required)
View Item |