Wijayakusumaningtyas, Anna Edita (2006) Analisis Dan Prediksi Perkembangan Desain Fisik Dan Fitur Pada Telepon Seluler Merek Nokia. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TR_109_Abstrak.pdf Download (78kB) | Preview |
Abstract
Saat ini para produsen ponsel sating bersaing ketat dalam mendapatkan perhatian konsumen dengan menampilkan produk yang inovatif. Semakin beragamnya produk yang ditawarkan, maka life cycle yang dialami produk menjadi semakin pendek. Pada Tugas Akhir ini dilakukan studi kajian untuk mengetahui pola perkembangan produk ponsel beserta life cycle yang terjadi pada masing-masing produk. sehingga produk tersebut dapat bertahan di pasaran. Sebagai studi kasus, Nokia dijadikan sebagai obyek penelitian Tugas Akhir ini selaku market leader dalam produksi ponsel. Analisis pola perkembangan produk akan dilakukan pada product range yang telah ditentukan oleh Nokia dimana product range tersebut dikelompokkan berdasarkan segmen konsumen yang akan dituju. Dari 6 product range yang dikategorikan Nokia, analisis akan difokuskan pada 3 product range yaitu basic, expression, dan smart classic dari keluaran tahun 1998 hingga 2005 yang didapatkan dari situs maupun flyers. Data tersebut akan disusun dalam satu tabel keseluruhan maupun pengelompokan produk beserta spesifikasinya berdasarkan launching date-nya. Adapun analisis dilakukan pada 3 kriteria antara lain : desain ftsik, fitur fungsional, dan fitur personalisasi sesuai dengan spesifikasi produk yang dimiliki. Dari pengamatan pola tersebut, dianalisis bahwa pengembangan desain fisik dilakukan sesuai dengan kriteria dan standar yang telah ditetapkan. Fitur yang dimiliki ponsel Nokia pun selalu berkembang dan jarang dilakukan peniadaan fitur. Pengembangan fitur personalisasi pada tiap product range pun sesuai dengan ciri khas yang akan dimunculkan. Sedangkan life cycle yang terjadi pada tahun 2001-2003, life cycle terpendek dicapai oleh ponsel expression dan tahun 2004-2005 ponsel smart classic yang mengalami life cycle terpendek. Setelah didapatkan pola dan life cycle produk, kemudian akan dilakukan prediksi desain dan fitur yang kemungkinan akan dipertahankan pada seri berikutnya. Prediksi dilakukan pada tiap product range yang dipilih sebagai studi kasus. Hasil prediksi pun juga akan dibandingkan dengan ponsel dalam satu product range yang telah diluncurkan pada awal hingga pertengahan tahun 2006 dan dirangkum dalam bentuk tabel dan definisi.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola perkembangan, product range, basic, expression, smart classic,product life cycle, prediksi. |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Manufacturing Engineering |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 24 May 2017 07:36 |
Last Modified: | 24 May 2017 07:36 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29966 |
Actions (login required)
View Item |