PENGARUH KARAKTERISTIK UKM PADA KAPABILITAS INOVASI DAN KINERJA INOVASI UKM (Studi Kasus pada Sentra IKM Alas Kaki Jawa Timur)

Rinawiyanti, Esti Dwi and Lianto, Benny (2016) PENGARUH KARAKTERISTIK UKM PADA KAPABILITAS INOVASI DAN KINERJA INOVASI UKM (Studi Kasus pada Sentra IKM Alas Kaki Jawa Timur). Journal of Industrial Engineering & Management Systems, 9 (2). ISSN 1979-1720

[img]
Preview
PDF
Pengaruh Karakteristik UKM pada Kapabilitas_2016.pdf

Download (468Kb) | Preview

Abstract

Industri alas kaki merupakan salah satu industri yang diprioritaskan di Jawa Timur karena kontribusinya yang besar pada perekonomian dan penyerapan tenaga kerja. Supaya tetap bertahan dan mempunyai keunggulan daya saing, maka UKM alas kaki perlu selalu berinovasi. Kapabilitas inovasi UKM alas kaki dapat diukur melalui Technological Innovation Capabilities (TIC), sedangkan kinerja inovasi dinilai dengan Technological Innovation Performance (TIP). Penelitian ini diadakan untuk mengidentifikasi karakteristik IKM alas kaki (skala, usia, jenis produk) dan menganalisa pengaruh karakteristik IKM tersebut pada kapabilitas inovasi (TIC) dan kinerja inovasi (TIP). Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner pada 192 UKM di tiga Sentra IKM alas kaki, yaitu Surabaya, Sidoarjo, dan Mojokerto. Hasil kuisioner yang menggunakan skala Likert kemudian dihitung nilai rata-ratanya (grand mean). Dari hasil analisis TIC dan TIP dengan mengukur grand mean tiap dimensi dapat dibandingkan kondisi TIC dan TIP di ketiga Sentra IKM alas kaki tersebut. Untuk TIC secara keseluruhan UKM alas kaki mempunyai tingkat TIC yang sedang dan tinggi. Tingkat TIC tertinggi berada pada Sentra IKM alas kaki Mojokerto (4,09), Sentra IKM alas kaki Surabaya memiliki tingkat TIC sedang (3,18), dan tingkat TIC terendah berada pada Sentra IKM alas kaki Sidoarjo (2,81). Sedangkan untuk TIP terlihat bahwa sebagian besar UKM alas kaki berada pada tingkat yang sedang dan rendah, di mana Sentra IKM alas kaki di Sidoarjo memiliki TIP tertinggi (3,05), kemudian Sentra IKM Mojokerto (2,86) dan UKM Surabaya (2,05). Berdasarkan hasil analisis MANOVA dapat disimpulkan bahwa hampir seluruh variabel karakteristik UKM alas kaki (skala, usia, jenis produk) tidak memberi pengaruh secara signifikan terhadap kapabilitas inovasi (TIC) dan kinerja inovasi (TIP) UKM alas kaki. Kecuali pada Sentra IKM di Surabaya terlihat bahwa usia UKM memberi pengaruh signifikan terhadap kapabilitas inovasi UKM (TIC) dan sekaligus memberi pengaruh signifikan terhadap kinerja inovasi UKM (TIP).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: UKM alas kaki, kapabilitas inovasi, kinerja inovasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 29 May 2017 04:30
Last Modified: 30 May 2017 02:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29995

Actions (login required)

View Item View Item