Perancangan Sistem Pengukuran Performansi Logistik Di PT. Sari Fadjar

Asmara Tomy Bollin, Richi Tjandra (2004) Perancangan Sistem Pengukuran Performansi Logistik Di PT. Sari Fadjar. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TM_2365_Abstrak.pdf

Download (172Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135625

Abstract

'PT. Sari Fadjar merupakan perusahaan yang memproduksi balok es batu. Dalam persaingan dunia usaha yang semakin ketat seperti sekarang ini, PT. Sari Fadjar harus dapat m1enerapkan strategi yang tepat untuk bisa bertahan. dan ikut bersaing. Oleh karena itu, pemsahaan perlu melakukan pengukuran perfonnansi secara keseluruhan dengan Pengukuran perfonnansi logistik di PT. Sari Fadjar ini terdiri dari 5 perspelctif pengulmran, yaitu purchasing, material flow management, transportion, customer service, dan fmnnce. Di samping 5 perspektif tersebut, terdapat 1 perspektif dari luar perusahaan yang mte:ndukung perusahaan dalam menjalankan proses produksinya yaitu perspektif supply n'IOnagement yang mengukur performansi dari supplier. Dalam pengukuran erfonrumsi logistik dimulai dengan menentukan visi, misi, maupun strategi perusahaan dengan mempertimbangkan aspek SWOT. Dari strategi utama SWOT ini akan dijaharkan menjadi strategi khusus, sehingga bisa ditentukan KPI yang dapat digunakan sebagai tolok ukur. Selanjutnya, ditentukan target dan bobot untuk rnasing·masing KPI tersebut. Metode yang dig;unakan dalam melakukan pembobotan ini yaitu metode Pairwise Comparison. Dari hasil pengukuran perfonnansi logistik diketahui kriteria yang perlu diperbaiki yaitu persentase supplier yang mengirim bahan baku pernbantu tepat walctu, persentase pengiriman produk tepat waktu, persentase biaya transportasi terhadap biaya operasional, persentase pemanfaatan kapasitas kendaraan, dan persentase keluhan pelanggan. Dalam rnelakukan langkah perbaikan ini dimulai dengan mencari faktor-faktor penyebab dari kriteria yang perlu diperbaiki tersebut yai.tu dengan menggunakan diagram tulang ikan. Penentuan alternatif perbaikan ini dengan rnenggunakan metode Quality kemudian dijabarkan lagi ke dalam Action Plan yang berisikan langkah perbaikan yang lebih detail dan bagian yang terkait untuk melaksanakan perbaikan tersebut.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 30 May 2017 07:43
Last Modified: 30 May 2017 07:43
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30052

Actions (login required)

View Item View Item