EValuasi Kinerja dan Peningkatan Kualitas Rumah Sakit Umum Daerah Dr.R. Koesma Tuban Menggunakan Metode Modified Balanced Scorecard dan Singapore Quality Award

Wulandari, Ruth Endang (2005) EValuasi Kinerja dan Peningkatan Kualitas Rumah Sakit Umum Daerah Dr.R. Koesma Tuban Menggunakan Metode Modified Balanced Scorecard dan Singapore Quality Award. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2436_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2436_Abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135529

Abstract

RSUD. dr. R. Koesma Tuban adalah salah satu rumah sakit milik pemerintah daerah kota Tuban dengan kelas C. Saat ini di kota Tuban mulai banyak bermunculan rumah sakit-rumah sakit swasta yang menawarkan jasa pelayanan terhadap masyarakat kota Tuban dan sekitarnya. Munculnya banyak faktor persaingan tersebut menyebabkan RSUD. dr. R. Koesma memikirkan strategi yang tepat agar dapat terus bertahan dan berkembang. Maka dari itu RSUD. dr. R. Koesma merasa perlu untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja rumah sakit. Metode Balanced Scorecard adalah salah satu metode pengukuran kinerja yang memiliki 4 sudut pandang dalam pengukurannya, yaitu: finansial, pelanggan, proses bisnis internal, dan proses belajar dan tumbuh. Ditambahkan pula penilaian Singapore Quality Award dalam menentukkan key performance Indicator yang kemudian digabungkan mejadi suatu kerangka pengukuran kinerja. Singapore Quality Award telah memiliki banyak faktor yang mampu memberikan kontribusi terhadap performafinancial, dan pada penelitian ini digabungkan dengan Balanced Scorecard sehingga dapat menghubungkan faktor-faktor yang dimilikinya dengan visi, misi, dan strategi rumah sakit. Balanced Scorecard merupakan metode pengukuran kinerja yang disesuaikan dengan visi, misi, dan strategi perusahaan. Sehingga penjabaran visi, misi, dan strategi yang jelas dari peusahaan sangat diperlukan agar kriteria pengukuran kinerja dapat dibuat sesuai dengan kondisi dan situasi perusahaan. Singapore Quality Award adalah suatu award yang diberikan oleh pemerintah Singapura kepada perusahaan-perusahaan sebagai suatu pemacu untuk dapat terus meningkatkan kualitasnya. Singapore Quality Award memiliki tujuh kategori yang dipergunakan dalam memperhitungkan kualitas suatu perusahaan. Penggabungan Modified Balanced Scorecard memiliki 3 kriteria yang digunakan sebagai pengukuran kinerja, yaitu driver, system, result. Tiap-tiap kriteria tersebut memiliki tolok ukur tiap kriteria terdapat gabungan antar tolok ukur Balanced Scorecard dan Singapore Quality Award, Balanced Scorecard bertugas menutup kekurangan Singapore Quality award dalam menghubungkan tolok ukur tehadap strategi rumah sakit. Dari masing-masing tolok ukur akan ditentukan target, performance driver, dan inisiatif strategi. Singapore Quality Award dipilih karena Singapore Quality Award menggabungkan beberapafeatures dari tiga award yang lain yaitu Malcolm Baldrige National Quality Award, Euoropean Quality Award dan Deming Prize. Penetapan target akan mempengaruhi kriteria penilaian dalam scorecard yang akan dibuat. Selain itu juga ditentukan penetapan bobot kriteria untuk tiap-tiap kriteria penilaian. Pembobotan dilakukan dengan menggunakan Pair Comparison dari metode Analytical Hierarchy Process dan juga menggunakan prosentase dari Singapore Quality Award sebesar 0,12 untuk driver criteria, 0,37 untuk system criteria, dan 0,51 untuk result criteria . Dari hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa kinerja keseluruhan RSUD. dr. R. Koesma pada tahun 2003 adalah cukup dengan nilai sebesar 2,02028, dengan skala penilaian mulai dari I sampai dengan 3. Nilai kinerja masing-masing kriteria tahun 2003 adalah: driver = 2,471 (baik), system = I ,861 (cukup), result= 2,0298 (cukup). Sedangkan untuk tahun 2004, kinerjanya mengalami peningkatan sebesar 6,58 % menjadi sebesar 2,16267 (cukup). Nilai kinerja masing-masing kriteria adalah:-driver= 2,7005 (baik), system= 2,053 (cukup), result= 2,1157 (cukup). RSUD. dr. R. Koesma perlu melakukan perbaikan dalam pelayanannya, baik dari segi fasilitas, meningkatkan kinerja keuangannya, peningkatan kemampuan pegawai, melakukan perencanaan strategis untuk rumah sakit dan kepemimpinan, semua perbaikan tersebut mengacu pada hasil pengukuran kinerja yang telah dilakukan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 02 Jun 2017 07:19
Last Modified: 02 Jun 2017 07:19
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30070

Actions (login required)

View Item View Item