Analisis Portfolio Pelanggan di Antavaya Galaxy Mall

Hariono, Stephanie Listya (2017) Analisis Portfolio Pelanggan di Antavaya Galaxy Mall. Project Report. Universitas Surabaya.

[thumbnail of LKLM_42_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
LKLM_42_Abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/244282

Abstract

Laporan kerja lapangan ini disusun untuk mengetahui pelanggan potensial yang dapat dilayani AntaVaya Galaxy Mall kedepannya dengan melihat data pelanggan selama kerja praktek di AntaVaya Galaxy Mall. AntaVaya Galaxy Mall merupakan salah satu biro perjalanan pariwisata yang menjual tiket pesawat, voucher hotel, paket tour, pembuatan dokumen perjalanan, dan asuransi perjalanan. Sumber data-data pelanggan diperoleh dari pengalaman kerja praktek selama tiga bulan sebagai travel consultant di AntaVaya Galaxy Mall baik saat menjaga kantor, saat pameran, serta informasi dari pihak internal AntaVaya Galaxy Mall. Analisis portfolio pelanggan dalam laporan ini menggunakan segmentasi pasar dengan membagi 87 pelanggan yang sudah dikumpulkan selama kerja praktek menjadi beberapa segmen. Kemudian diberi bobot dan rating untuk menentukan tingkat kemenarikan produk dan layanan serta posisi kompetitif perusahaan. Setelah menemukan total skor, masing- masing segmen dipetakan kedalam matriks portfolio pelanggan untuk mengetahui segmen pelanggan yang paling menguntungkan perusahaan di masa yang akan datang. Hasil dari analisis portfolio pelanggan menunjukkan segmen yang paling potensial bagi AntaVaya Galaxy Mall adalah segmen Diamond. Segmen ini terdiri dari pelanggan yang berada dalam siklus hidup keluarga young (young couple dan young single) yang memilih destinasi wisata ke wilayah Asia saat low season. Strategi yang sebaiknya dilakukan AntaVaya Galaxy Mall adalah membuat paket-paket tour yang sesuai dengan keinginan golongan muda, seperti rute-rute yang lengkap dan biaya terjangkau. Selain itu, perbaikan dalam menyimpan data-data pelanggan dan promosi melalui media sosial juga perlu ditingkatkan untuk menarik pasar kalangan muda sehingga AntaVaya Galaxy Mall dapat mendapatkan lebih banyak pelanggan di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Portofolio pelanggan, segmentasi pasar
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 20 Jun 2017 02:19
Last Modified: 20 Jun 2017 02:19
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30130

Actions (login required)

View Item View Item