Strategi Pengembangan Nusa Penida Sebagai Salah Satu Destinasi Wisata Unggulan Kabupaten Klungkung Provinsi Bali

Badung, I Dewa Ayu Agung Intan Aspriyani (2016) Strategi Pengembangan Nusa Penida Sebagai Salah Satu Destinasi Wisata Unggulan Kabupaten Klungkung Provinsi Bali. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
SP_1832_Abstrak.pdf

Download (41Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/244441

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencermati faktor-faktor internal dan eksternal yang dapat mendukung maupun menghambat perkembangan pariwisata Nusa Penida, sesuai dengan analsis SWOT, kemudian menentukan strategi terkait pembangunan pariwisata Nusa Penida. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data yang digunakan berupa data sekunder dan primer. Data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan website pemerintah Kabupaten Klungkung, sedangkan data primer diperoleh dari hasil survey dan wawancara. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Nusa Penida memiliki banyak potensi yang dapat mendukung pengembangan pariwisatanya, antara lain keindahan alam, keragaman varietas biota laut, wisata religi, serta budayanya. Selain itu, kebijakan pemerintah memberikan visa gratis bagi beberapa negara, kemajuan teknologi, dan tren wisata yang cenderung berubah ke wisata alam juga menjadi faktor pendukung pengembangan pariwisata Nusa Penida. Hambatan yang ditemui dalam usaha ini adalah buruknya akses transportasi, kurangnya publikasi, dan kurang lengkapnya saran-prasarana. Selain itu, ancaman ombak pasang, bencana alam, pencemaran lingkungan dan persaingan juga menjadi faktor penghambat pengembangan pariwisata Nusa Penida. Melalui hasil temuan kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman (threats), kemudian diformulasikan kedalam matriks SWOT dan ditemukan beberapa strategi, yaitu : strategi SO (strength – opportunity) dengan mengembangkan Nusa Penida sebagai Desa Wisata, meningkatkan publikasi, dan mengembangkan Kawasan Konservasi Perairan. Strategi ST (strength – threat) dengan membuat aturan pelaksanaan kegiatan di laut, dan menyeleksi rencana pembangunan yang ditawarkan investor. Strategi WO (weakness – opportunity) dengan memperbaiki sarana-prasarana, dan meningkatkan kualitas SDM. Strategi WT (weakness - threat) dengan membangun sarana pengolahan limbah dan bekerjasama dengan pihak luar dalam upaya pengembangan SDM dan pariwisata.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan, Pariwisata
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 20 Jun 2017 02:31
Last Modified: 20 Jun 2017 02:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30131

Actions (login required)

View Item View Item