Daya Peredam Radikal Bebas Fraksi Kloroform dan Fraksi N-Butanol Ekstrak Metanol Daun Jambu Biji (Psidium guajava L.) terhadap 1,1 Diphenyl-2-Picrly Hydrazyl (DPPH)

Soraya, Lia (2010) Daya Peredam Radikal Bebas Fraksi Kloroform dan Fraksi N-Butanol Ekstrak Metanol Daun Jambu Biji (Psidium guajava L.) terhadap 1,1 Diphenyl-2-Picrly Hydrazyl (DPPH). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_3052_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_3052_Abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154863

Abstract

Telah dilakukan penelitian daya peredam radikal bebas DPPH (1,1-Diphenyl-2-Picryl Hidrazyl) dari fraksi kloroform dan fraksi n-butanol ekstrak metanol daun jambu biji (Psidium guajava L.). Daun jambu biji dikeringkan, diserbuk dan diayak dengan mesh 20. Dimaserasi menggunakan pelarut metanol. Ekstrak dipekatkan dengan rotary evaporator dan waterbath sampai diperoleh ekstrak kental. Ekstrak kental difraksinasi dengan pelarut n-heksan, kloroform, etil asetat, dan n-butanol. Kemudian dilakukan uji daya peredam radikal bebas terhadap DPPH fraksi kloroform dan fraksi n-butanol. Sedangkan fraksi etil asetat dan fraksi air diuji oleh peneliti lain. Hasil uji kualitatif menunjukkan bahwa fraksi kloroform dan fraksi n-butanol ekstrak metanol daun jambu biji memiliki daya peredam radikal bebas yang ditunjukkan dengan memudarnya wana ungu larutan DPPH pada penambahan larutan uji. Hasil uji kuantitatif dengan metode spektrofotometri sinar tampak menunjukkan bahwa fraksi kloroform dan fraksi n-butanol masing-masing mempunyai EC30P:SD sebesar 7,95± 0,60 bpj dan 5,76 ± 0,13 bpj. Uji t terhadap harga ECso dari masing-masing fraksi diperoleh signifikansi (0,00) lebih kecil dari a (0,05), maka disimpulkan ada perbedaan bermakna antara fraksi kloroform dan fraksi n-butanol. Hal ini menunjukkan bahwa fraksi n-butanol mampu meredam radikal bebas lebih besar dibandingkan dengan fraksi kloroform.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Radikal Bebas, Fraksi Kloroform, Fraksi N-Butanol, Ekstrak Metanol Daun Jambu Biji, Psidium guajava L.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2017 04:55
Last Modified: 20 Jun 2017 04:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30133

Actions (login required)

View Item View Item