Wangkay, Sonya Yola (2005) Korelasi Antara Contact Personnel dan Physical Environment dengan Citra Hotel Sheraton di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
IN_707_Abatrak.pdf Download (50kB) | Preview |
Abstract
Persaingan yang ketat pada bisnis perhotelan mengharuskan setiap hotel menganalisis lingkungannya dan menetapkan produknya dalam otak calon konsumen, sehingga produknya dapat dibedakan dari produk pesaing, akhirnya produk dapat melekat dalam benak calon konsumen. Survei awal dilakukan terhadap 20 orang konsumen Hotel Sheraton dan diketahui bahwa penilaian responden tentang prosedur layanan check-in dan check-out pada Hotel Sheraton relatif cepat Peneliti juga melakukan wawancara kepada beberapa konsumen hotel Sheraton Surabaya diketahui bahwa responden menyukai keramahan para karyawan hotel selain itu mereka juga menyukai suasana yang dirasakan saat pertama kali masuk hotel Sheraton Surabaya. Sesuai dengan perumusan masalah yang telah diungkapkan maka tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui hubungan antara contact personnel dan physical environment khususnya bagian front-office dengan citra organisasi dilihat dari perspektif konsumen yang menginap pertama kali di hotel Sheraton Surabaya. Subyek penelitian adalah konsumen hotel Sheraton Surabaya yang melakukan reservasi kamar pada front office dan baru pertama kali menginap di Hotel Sheraton Surabaya. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Incidental Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah angket dengan menggunakan skala pengukuran Semantic Differensial. Didapatkan jumlah subyek penelitian sebanyak 107 orang. Analisis statistik yang digunakan adalah memakai program Statistik (SPSS), menggunakan program komputer Windows. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Ganda. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa masing-masing variabel contact personnel dan physical environment memiliki hubungan yang signifikan terhadap Citra. Hubungan ini bersifat positif, artinya semakin baik contact personnel hotel, maka semakin baik pula citra konsumen terhadap hotel. Semakin bagus physical environment hotel maka konsumen akan memiliki citra yang baik terhadap Hotel Sheraton. Variabel yang paling kuat memiliki hubungan terhadap citra adalah variabel contact personnel karena memiliki nilai r par yang paling besar, yaitu r par = 0,306, sedangkan nilai r par variabel physical environment hanya sebesar 0,293. Artinya konsumen memberikan perhatian yang besar terhadap kontak langsung yang diberikan karyawan tehadap dirinya ketika memberikan pelayanan. Saran penelitian ini adalah sebaiknya pihak manajemen Hotel Sheraton lebih peka terhadap keinginan dan selera konsumen. Misalnya menciptakan suasana yang comfort dan desain interior yang bernuansa klasik, serta perjalanan dari area parkir dan lobby hotel dapat dihubungkan dengan lift untuk mengefisiensikan waktu konsumen mengingat kebanyakan customer adalah pengusaha. Desain interior pada lobby hotel sebaiknya lebih bernuansa modern dan energik agar lebih fresh, sehingga konsumen merasa nyaman dan tenang berada di hotel Sheraton.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra Organisasi, Contact personnel, Physical environment, Front office departement. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 20 Jun 2017 06:11 |
Last Modified: | 20 Jun 2017 06:11 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30135 |
Actions (login required)
View Item |