Analisis Brand Equity Dihubungkan dengan Customer Equity pada Mie Sedaap dan Indomie

., Jefry (2005) Analisis Brand Equity Dihubungkan dengan Customer Equity pada Mie Sedaap dan Indomie. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TM_2465_Abstrak.pdf

Download (74Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135436

Abstract

Dengan banyaknya merek Dll 1nstan yang beredar di pasar saat ini mengakibatkan Indomie dan Mie Sedaap menghadapi persaingan yang ketat. Di tengah persaingan tersebut, tentu saja Indomie dan Mie Sedaap perlu untuk mempertahankan dan mengembangkan pangsa pasamya agar dapat tetap terus dapat bertaban di pasar. Untuk itu Indomie dan Mie Sedaap perlu mengetahui posisinya di pasar dengan cara mengukur ekuitas merek dan ekuitas pelanggannya. Dengan demikian Indomie dan Mie Sedaap dapat menyusun strategi untuk mengelola kedua aset tersebut. Elemen -elemen ekuitas merek ya!lg akan diteliti adalah kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek. Untuk ~Iemen -elemen ekuitas pelanggan yang akan diteliti adalah customer acquisition, customer retention, dan add on selling. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 150 responden yang pemah mengkonsumsi mi instan. Data -data dari kuesioner selanjutnya diolah untuk mengukur kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, customer acquisition, customer retention, dan add on selling dari lndomie dan Mie Sedaap. Dari basil kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan uj i validitas konvergen dan uji reliabilitas terhadap data yang telah diperoleh dari kuesioner. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah variabel-variabel dalam kuesioner sudah valid dan reliabel. Selain itu juga dilakukan uji validitas diskriminan untuk mengetahui apakah ada korelasi antar variable -variabel yang ada dalam kuesioner. Metode anal isis yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, anali sis deskriptif untuk mengetahui Jatar belakang responden secara umum. Analisis statistik dengan menggunakan Z uji untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara variabel -variabel yang digunakan sebagai dasar pengukuran pada Indomie dan Mie Sedaap, kemudian dibuat scorecard untuk mengetahui nilai ekuitas total Indomie dan Mie Sedaap. Dari scorecard diperoleh nilai ekuitas merek untuk Indomie adalah 2.5, nilai ekuitas pelanggan untiJk Indomie adalah 2.387, nilai ekuitas total untuk Indomie adalah 2.44. Sedangkan nilai ekuitas merek untuk Mie Sedaap adalah 2.65 dan nilai ekuitas pelanggan untuk Mie Sedaap adalah 2.387, nilai ekuitas total untuk Mie Sedaap adalah 2.52. Dari analisis statistik Z uji diketahui bahwa lndomie unggul pada sub variabel mie instan yang mudah didapat, mie instan dengan merek terkenal, mengandung vitamin, paling diingat konsumen, dan produk yang banyak tersedia di toko -toko. Mie Sedaap unggul pada sub variabel mie instan dengan rasa enak, mie instan dengan promosi yang bagus, paling disukai konsumen, ingin mencoba karena iklarmya, dan pemberian informasi produk sudah jelas. Dengan demikian dapat dibuat beberapa saran untuk mengelola ekuitas merek dan ekuitas pelanggan, untuk Mie Sedaap sararmya adalah membuat inovasi lebih banyak dalam hal rasa dan memberi bonuslhadiah kepada konsumen, sedangkan saran untuk Indomie adalah lebih gencar dalam promosi danjangan melakukan perubahan yang terlalu mencolok pada produk.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Jul 2017 05:04
Last Modified: 04 Jul 2017 05:04
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30167

Actions (login required)

View Item View Item