Hubungan Antara Kematangan Psikologis dengan Preferensi Terhadap Gaya Kepemimpinan Directive

Wijaya, Aries Surya (2006) Hubungan Antara Kematangan Psikologis dengan Preferensi Terhadap Gaya Kepemimpinan Directive. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_727_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_727_Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148608

Abstract

Preferensi terhadap gaya kepemimpinan dapat memberi andil dalam kesuksesan suatu proses kepemimpinan. Karena pengetahuan pemimpin akan gaya kepemimpinan yang diinginkan oleh bawahan dapat membantu dalam pencapaian kongruensi antara kebutuhan bawahan dan keinginan atasan. Preferensi terbadap gaya kepemimpinan dapat dipengaruhi oleh faktor personal. Faktor personal tersebut antara lain adalah kematangan psiko1ogis yang dimiliki oleh bawahan. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji hubungan antara kematangan psikologis bawahan dengan preferensi terhadap gaya kepemimpinan directive, selaku salah satu bentuk kepemimpinan. Data diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada staff bagian HRD perusahaan M (N=20). Pengujian dengan analisis regresi tidak menunjukkan adanya hubungan antara kematangan psikologis dengan preferensi gaya kepemimpinan directive; baik pada pengujian kematangan psikologis dengan self-report (p (0,845) > 0,001) maupun menurut atasan langsung (p (0,727) > 0,001). Fenomena ini dijelaskan dengan pengaruh faktor lain yang dapat mempengaruhi preferensi gaya kepemimpinan directive, seperti faktor budaya, macam followership, dan budaya organisasi yang tidak. dikontrol dalam penelitian ini. Saran yang dapat diberikan pada perusahaan adalah membentuk budaya organisasi menjadi budaya yang kondusif terhadap kemandirian bawahan sehingga dapat membuat perusahaan menjadi lebih maju.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: preferensi gaya kepemimpinan directive, kematangan psikologis, budaya,followership,budaya organisasi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 05 Jul 2017 07:51
Last Modified: 05 Jul 2017 07:51
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30191

Actions (login required)

View Item View Item