Hubungan Antara Management Skills dengan Customer Satisfaction

Rejeki, Wahyuni Sri (2005) Hubungan Antara Management Skills dengan Customer Satisfaction. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_709_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_709_Abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148637

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh brand image terhadap penilaian rasa rokok. Brand image pada pelbagai penelitian sangat mempengaruhi penilaian terhadap produk. Salah satu parameter penilaian adalah menggunakan sensasi. Pada penelitian ini sensasi rasa yang diteliti adalah 6 aspek rasa yaitu 1 (manis-pahit), 2 (asam-asin), 3 (panas-dingin), 4 (mantap­ ringan), 5 (enak-tidak enak), 6 (khas-sama saja). Subyek penelitian (N=30) adalah perokok yang mengkonsumsi rokok M, data dikumpulkan dengan melakukan eksperimen dan jumlah subyek dibagi menjadi dua yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data sikap brand image dikumpulkan melalui angket tipe tertutup sedangkan penilaian rasa dengan angket semantic deferensial . Analisa data menggunakan uji beda menunjukkan ada perbedaan penilaian rasa pretest dan posttest kelompok eksperimen yaitu pada aspek 1 p(0,029)<0,05, aspek 2 z=-2,969 p(0,003)<0,05, aspek 3 p(0,000)<0,05, aspek 5 p(0,000)<0,05 dan aspek 6 p(0,000)<0,05. Untuk aspek rasa yang ke 4 tidak terdapat perbedaan penilaian rasa p(0,073)>0,05. Uji beda kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada posttest menunjukkan perbedaan pada aspek 1 p(0,001)<0,05, aspek 2 z=-3,757 p(0,000)<0,05, aspek 3 p(0,000)<0,05, , aspek 5 z=-4,774 p(0,000)<0,05 dan aspek 6 p(0,000)<0,05. Tidak terdapat perbedaan pada aspek 4 p(0,778)>0,05. Dengan demikian hanya pada aspek rasa 1, 2, 3, 5, 6 yang memenuhi rancangan desain eksperimen. Sikap terhadap brand image yang positif mempengaruhi penilaian rasa rokok menjadi cenderung pahit, mantap, enak dan khas sedangkan sikap terhadap brand image yang negatif mempengaruhi rasa rokok menjadi asam, ringan, tidak enak dan rasa sama saja.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 06 Jul 2017 06:20
Last Modified: 06 Jul 2017 06:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30200

Actions (login required)

View Item View Item