Hubungan Antara Self Efficacy dengan Motivasi Mengikuti Kuliah pada Mahasiswa di Kelas Asistensi Tes Grafis

Dimaryanti, Erry (2006) Hubungan Antara Self Efficacy dengan Motivasi Mengikuti Kuliah pada Mahasiswa di Kelas Asistensi Tes Grafis. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_224_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_224_Abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151938

Abstract

Mahasiswa yang mengikuti kuliah dalam kelas asistensi Tes Gratis tidak memiliki motivasi tinggi, hal ini terlihat dari survei awal yang menunjukkan bahwa kebanyakan dari mahasiswa yang mengikuti kelas asistensi Tes G:rafis sering tidak hadir. Hal ini disebabkan karena mahasiswa merasa malas, karena adanya tuntutan-tuntutan kompetensi yang ada dalam kelas asistensi Tes Gratis, serta karena ada kuis baik lisan maupun tulisan. Selain itu terdapat beberapa mahasiswa yang merasa sudah yakin bisa dalam mata kuliah Tes Gratis, namun hal itu membuat motivasi yang dimiliki oleh mahasiswa rendah. Keyakinan diri (self efficacy) sangat diperlukan oleh mahasiswa yang mengikuti kelas asistensi Tes Grafis, karena motivasi seseorang sangat dipengaruhi oleh self efficacy yang dimilikinya. Berdasarkan uraian tersebut, maka dalam penelitian kali ini, peneliti ingin mengangkat permasalahan hubungan antara self efficacy dengan motivasi mengikuti kuliah pada mahasiswa di kelas asistensi Tes Grafis. Penelitian ini menggunakan model korelasional dengan mengambil sampel mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, baik yang sedang mengambil mata kuliah Tes Gratis ataupun yang sudah mengambil mata kuliah Tes Grafis sejumlah 57 subjek, dengan menggunakan teknik incidental sampling. Pengambilan data menggunakan angket model skala Iikert dengan teknik analisis korelasi product moment. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil r = -0,597 dengan p < 0,05 yang berarti hasil penelitian mendukung hipotesis yang diajukan, namun hubungannya berbalik arah. Setiap peningkatan nilai pada variabel self efficacy akan menyebabkan penurunan pada nilai variabel motivasi mengikuti kuliah. Dari angka korelasi yang didapatkan, dapat diketahui bahwa sumbangan yang diberikan variabel self efficacy terhadap motiV'lSi mengikuti kuliah adalah sebesar 35,6 %. Sedangkan yang 64,4 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, misalnya tuntutan kompetensi yang ada dalam kelas asistensi Tes Grafis, rasa malas dan bosan, dan banyaknya materi dalam Tes Grafis. Melalui hasil penelitian ini dapat disarankan bagi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya supaya melakukan analisa kebutuhan terhadap kelas asistensi, khususnya kelas asistensi Tes Gratis. Bagi asisten mahasiswa, khususnya asisten mahasiswa kelas asistensi Tes Grafis diharapkan dapat lebih proaktif kepada mahasiswa yang mengikuti kelas asistensi Tes Grafis. Bagi mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya disarankan untuk menggunakan strategi mengingat dalam menghafalkan materi Tes Grafis yang cukup banyak, mengumpulkan tugas tepat pada waktunya serta menghilangkan rasa takut dalam melafalkan tes instruksi dengan mempersiapkan diri. Dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggali permasalahan dalam kelas asistensi Tes Grafis dengan detail dan memperhatikan faktor-faktor lain untuk diteliti seperti IPK mahasiswa, sikap asisten dosen terhadap mahasiswa, dan metode pengajaran dalam kelas asistensi.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: self efficacy, motivasi mengikuti kuliah, kelas asistensi Tes Gratis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 06 Jul 2017 08:55
Last Modified: 06 Jul 2017 08:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30211

Actions (login required)

View Item View Item