Faktorfaktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas ix SMP Negeri 1 Beji Pasuruan

Siska, Yulia (2006) Faktorfaktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas ix SMP Negeri 1 Beji Pasuruan. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_261_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_261_Abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151910

Abstract

Penguasaan materi bahasa Inggris pada siswa kelas IX SMP Negeri Beji masih sangat rendah. Hasil tes dan nilai ulangan yang dilakukan oleh beberapa guru bahasa Inggris menunjukkan nilai rata-rata kurang dari 65. Berdasarkan survei dengan guru di SMP Negeri 1 Beji, diketahui bahwa rendahnya kemampuan bahasa Inggris karena rendahnya penguasaan kosakata. Kosakata siswa kelas IX rata-rata masih dibawah standart kurikulum yaitu dibawah 100 kosakata. Fokus penelitian adalah faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya penguasaan kosakata bahasa Inggris, yang dibedakan menjadi (I) faktor internal (2) faktor ekstemal. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan pemberian angket campuran (terbuka-tertutup). Informan dalam penelitian ini adalah 2 orang guru dan 48 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Beji. Analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif, yang dilakukan dengan melakukan perhitungan frekuensi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penguasaan kosakata adalah meliputi (I) kenyakinan diri siswa dan motivasinya masih rendah. 68,8% siswa tidak mampu dalam menyelesaikan tugas bahasa Inggris dan tidak yakin mendapatkan nilai yang memuaskan, (2) faktor eksternal yang meliputi cara mengajar guru yang sulit dimengerti oleh siswa, lingkungan sekolah yang kurang memiliki tempat-tempat yang layak untuk membaca, alat­ alat pelajaran yang masih disediakan oleh siswa sendiri, media pembelajaran, seperti laboratorium bahasa yang belum tersedia, tingkat pendidikan orangtua yang relatif masih rendah, karakteristik guru masih belum diterima siswa dan kondisi ekonomi keluarga masih rendah. Saran untuk siswa agar memperbanyak penguasaan kosakata bahasa Inggris yang telah dimiliki dengan cara menggunakan dalam berkomunikasi sesering mungkin setiap hari dirumah atau disekolah, mengingat saat ini merupakan era globalisasi yang hampir semua informasi menggunakan bahasa Inggris maka siswa dituntut dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Oleh sebab itu diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris di sekolah. Saran untuk guru agar dapat membuat metode mengajar bahasa Inggris yang dapat menarik perhatian siswa agar menghidupkan motivasi siswa untuk mempelajari dan menyenangi bahasa Inggris. Untuk sekolah agar dapat menyediakan classroom meaning, mengadakan fasilitas penunjang untuk siswa berupa penyediaan buku, kamus, serta media elektronik untuk digunakan di laboratorium bahasa.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 06 Jul 2017 09:10
Last Modified: 06 Jul 2017 09:10
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30213

Actions (login required)

View Item View Item