Analisis Tingkat Kualitas Layanan Jasa Pada CV. Asri Taksi Dengan Pendekatan Service Quality

Widiastuti, Theresia Retno Asri (1999) Analisis Tingkat Kualitas Layanan Jasa Pada CV. Asri Taksi Dengan Pendekatan Service Quality. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231039

Abstract

Taksi ASRI adalah perusahaan jasa persewaan mobil yang berada di Surabaya. Dengan banyaknya perusahaan persewaan mobil lain yang bermunculan menyebabkan persaingan semakin ketat dalam mempertahankan loyalitas konsumen. Untuk mempertahankan loyalitas konsumen perlu diketahui karakteristik pelanggan yang menyewa kendaraan di Taksi ASRI. Dari informasi ini akan dilakukan perbaikan pelayanan dengan perancangan strategi peningkatan kualitas layanan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : mengetahui kualitas layanan yang ada dan yang diinginkan konsumen dari Taksi ASRI, mengetahui perbedaan antara persepsi dan harapan pelanggan merencanakan strategi perbaikan dan strategi pemasaran yang sesuai untuk Taksi ASRI serta mengetahui loyalitas konsumen terhadap Taksi ASRI. Manfaat yang ingin diperoleh dari hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi dan masukan bagi Taksi ASRI agar dapat menjadi acuan dalam meningkatkan dan memperbaiki mutu pelayanan serta untuk mencari strategi bersaing yang tepat. Dari hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa konsumen Taksi ASRI terbagi menjadi dua kelompok. Responden cluster I termasuk dengan tingkatan loyalitas rendah yaitu tingkat loyalitas biaya peralihan dan kebiasaan. Kelompok ini adalah kelompok yang peka terhadap perubahan harga dan kelompok orang-orang yang menggunakan Taksi ASRI karena kebiasaan. Dan dengan memperhatikan kesenjangan ( gap 5 ) secara keseluruhan maka perbaikan yang dilakukan adalah semua variabel-variabel yang terletak pada kuadran I dan IV. Sedangkan responden pada cluster 2 termasuk dengan tingkatan loyalitas yang tinggi yaitu tingkat loyalitas komit dan suka. Kelompok ini adalah kelompok yang terdiri dari orang-orang yang menggunakan Taksi ASRI suka dan puas terhadap Taksi ASRI. Hal ini didukung penilaian mereka terhadap kesan kualitas yang lebih tinggi daripada cluster 2 untuk seluruh dimensi Service Quality. Dengan mempertahankan kesenjangan ( gap 5 ) secara keseluruhan maka perbaikan yang dilakukan adalah semua variabel-variabel yang terletak pada kuadran I, disini tidak ada perbaikan pada kuadran IV karena tidak terdapat variabel pada kuadran IV. Konsumen cluster 2 menganggap bahwa Taksi.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 29 Jan 2013 07:06
Last Modified: 29 Jan 2013 07:06
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3022

Actions (login required)

View Item View Item