Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada PT. Olimas Sakti

Andika, Albertus (2010) Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada PT. Olimas Sakti. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_2723_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_2723_Abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133134

Abstract

Dewasa ini perkembangan teknologi informasi sangatlah pesat dan peran penguasaan teknologi informasi sangatlah penting dan dominan dalam persaingan di dunia bisnis yang semakin ketat. Teknologi Informasi telah diakui sebagai salah satu alat yang dapat menunjang kesuksesan suatu bisnis, dimana teknologi informasi digunakan perusahaan untuk mengoptimalkan peran informasi dan pengambilan keputusan manajemen baik untuk perencanaan, pelaksanaan, maupun pengendalian. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk beralih dari sistem manual menjadi terkomputerisasi. Dengan demikian, informasi yang dibutuhkan dapat dihasilkan dengan lebih berkualitas , sehingga pengambilan keputusan juga dapat dilakukan dengan tepat , tentunya arus informasi yang baik dapat dicapai pada perusahaan dengan adanya pengendalian internal yang baik dalam kegiatan operasional perusahaan. Seperti yang dikatakan oleh Barnes (2003), Produk inti membuat kita siap untuk memulai, namun jarang membuat kita siap berkompetisi. Proses yang mendukung ketersediaan produk atau jasa inti termasuk penjadwalan, pengaturan karyawan, pengurusan rekening, penghantaran, sistem pemesanan dan sebagainya. Lagi - lagi perusahaan menyediakan hal ini sehingga mereka dapat menjual produk inti mereka secara efisien dan nyaman. Banyak perusahaan membuat pelanggan tidak puas karena ketidak mampuan mereka dalam menghantar produk atau jasa, walaupun produk intinya cukup dapat diterima atau bahkan sangat istimewa. Walaupun mereka telah memiliki sistem, prosedur dan proses untuk menghantar produk atau jasa inti, mereka tidak melakukannya dengan benar. Akhirnya kita harus mempertimbangkan orang yang berkerja bagi kita. Pelanggan bertemu dengan karyawan yang mewakili kita, di rumah dan kantor, lewat telepon dan melalui internet. Kita harus memastikan orang yang berkerja bagi kita mampu melayani pelanggan dengan baik. Banyak pelanggan kembali berbisnis dengan sebuah perusahaan karena terkesan dengan cara para karyawan memperlakukan mereka. Untuk dapat bersaing di di dunia bisnis yang semakin ketat perusahaan perlu memiliki sebuah metode untuk mengoptimalkan kinerja operasionalnya. Salah satu alat yang dapat digunakan oleh perusahaan adalah dengan menggunakan pendekatan Customer Relationship Management. Pada kasus kali ini penulis memilih PT. OLIMAS SAKTI sebagi Objek dari penelitian dan mencoba menerapkan Software CRM-Express Version 2010.1.3.0 untuk membantu perusahaan dalam mengelola siklus hidup pelanggan guna meningkatkan loyalitas dari pelanggan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Customer Relationship Management, Loyalitas Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 11 Jul 2017 07:41
Last Modified: 11 Jul 2017 07:41
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30247

Actions (login required)

View Item View Item