Nugroho, Praseno (2006) Studi Deskriptif Gaya Berpikir Mahasiswa Ubaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
UE_33_Abstrak.pdf Download (48kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting dalam peningkatan kualitas suatu bangsa. Indonesia juga sedang meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya di bidang perguruan tinggi. Peningkatan pendidikan tidak terlepas dari cara mengajar dosen dan cara mahasiswa menerima informasi dan menyelesaikan permasalahan. Penelitian ini mengungkap cara mahasiswa menyelesaikan permasalahan dengan gaya berpikirnya masing-masing diberbagai fakultas di Universitas Surabaya (UBAYA). Dengan mengetahui gaya berpikir diharapkan mahasiswa ke depan dapat meningkatkan level pemahaman informasi dan penyelesaian suatu permasalahan; bagi pengajar dapat lebih fleksibel dalam berinteraksi dengan mengajar mahasiswa. Pengambilan data dilakukan dengan cara penyebaran sejumlah limaratus angket yang kepada mahasiswa fakultas farmasi, hukum, ekonomi, teknik dan psikologi. Adapun variabel yang diteliti tiga belas gaya berpikir menurut teori Sternberg, yaitu gaya berpikir eksekutif, yudisial, legislatif, monarkik, hierarkik, oligarkik, anarkik, global, lokal, internal, eksternal, liberal, dan konservatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan gaya berpikir pada masing-masing fakultas, sedangkan gaya berpikir yang dominan masing masing fakultas adalah sama (eksekutif, hierarki, lokal, eksternal, liberal, lokal dan eksternal). Dibahas gaya berpikir pada berbagai dimensi berpikir.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cara mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan, level pemahaman, gaya berpikir, fleksibel |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 07:09 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 07:09 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30274 |
Actions (login required)
View Item |