Pengukuran Beban Mental Pekerja di PT Romos Inti Cosmetic dengan Menggunakan Metode Subjective Workload Assessment Technique (SWAT)

Sally, Maria Selfiana (2007) Pengukuran Beban Mental Pekerja di PT Romos Inti Cosmetic dengan Menggunakan Metode Subjective Workload Assessment Technique (SWAT). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2812_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2812_Abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135067

Abstract

PT ROMOS INTI COSMETIC merupakan suatu perusahaan manufaktur dengan produk utamanya yaitu parfum dan deodorant. Dalam menjalankan berbagai aktivitas perusahaan, maka perusahaan ini memerlukan para pekerja. Jumlah pekerja yang ada saat ini sebanyak 42 orang, yang menduduki berbagai jabatan, yaitu manajer, supervisor, kepala bagian, staf, dan operator. Masalah yang sering dialami oleh pekerja adalah adanya beban kerja mental yang terjadi berkaitan dengan pekerjaan yang dilakukan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengukuran beban kerja mental sehingga dapat dilakukan perbaikan-perbaikan guna menurunkan terjadinya beban kerja mental. Terdapat beberapa metode pengukuran beban kerja mental, yaitu pengukuran secara obyektif dan pengukuran secara subyektif. Pada penelitian ini akan digunakan metode pengukuran subyektif yaitu Subjective Workload Assessment Technique (SWAT). Metode SWAT merupakan suatu metode pengukuran beban kerja mental dengan melihat dari 3 dimensi yaitu beban waktu (time load), beban usaha mental (mental effort load) dan beban tekanan psikologis (pshycological stress load). Metode SWAT terdiri dari dua tahap, yaitu Scale Development (pembuatan skala) dan Event Scoring (pemberian nilai terhadap hasil penelitian).

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 12 Jul 2017 08:03
Last Modified: 12 Jul 2017 08:03
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30287

Actions (login required)

View Item View Item