Pembuatan Perangkat Lunak Cal untuk Membantu Balita Mengenal Huruf, Angka, Bentuk dan Warna dalam Bahasa Inggris

Winata, Victor (2010) Pembuatan Perangkat Lunak Cal untuk Membantu Balita Mengenal Huruf, Angka, Bentuk dan Warna dalam Bahasa Inggris. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TI_1281_Abstrak.pdf

Download (65Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/132676

Abstract

Dewasa ini, kemampuan berbahasa Inggris telab menjadi salab satu syarat penting dalam dunia kerja. Karena itu, ketrampilan berbahasa Inggris diimplementasikan ke dalam dunia pendidikan sedini mungkin. Berbagai playgroup dan TK telab memasukkan pendidikan bahasa Inggris ke dalam kurikulum mereka. Di sana, mereka dikenalkan dengan huruf, angka, bentuk, dan wama (HABW) dalam bahasa Inggris dengan metode yang menarik dan menyenangkan bagi anak balita. Selain itu, kesadaran para orang tua akan pentingnya pendidikan bahasa Inggris membuat mereka melakukan beberapa upaya untuk menunjang pendidikan yang telab diterima oleh anak balita mereka di playgroup atau TK. Upaya-upaya tersebut antara lain menggunakan media-media pengenalan HABW, seperti: mainan plastik, buku bergambar, dan poster yang memang bertujuan mengenalkan HABW kepada anak balita. Beberapa media pengenalan ini memiliki beberapa kekurangan, seperti: tidak aman, kurang efektif, dan tidak interaktif. Melalui tugas akhir ini, dibuatlab sebuab program multimedia yang bertujuan mengenalkan HABW dalam bahasa Inggris. Pembuatan aplikasi ini telab melalui proses analisis terhadap beberapa aplikasi serupa yang telab beredar di pasaran. Hasil analisis berupa kekurangan dan kelebihan dari aplikasi tersebut menjadi pertimbangan penulis dalam proses desain aplikasi multimedia ini. Selain itu, aspek user, yaitu balita, juga menjadi baban analisis penulis dalam melakukan proses desain terhadap program ini. Aplikasi ini mengenalkan empat materi dalam bahasa Inggris, yaitu: huruf, angka, bentuk, dan warna, di mana masing-masing materi tersebut memiliki dua tingkat kesulitan. Dalam proses pengenalan setiap materi, program menggunakan metode tutorial dan games. Metode tutorial dimulai dengan sesi pengenalan materi, sesi eksplorasi, dan sesi latihan. Sedangkan pada metode games, user dihadapkan pada permainan mencocokkan materi pada soal dan pilihan jawaban. Hasil jawaban user saat mengikuti sesi latihan dan games akan disimpan oleh program sebagai baban penilaian dalam membuat laporan perkembangan balita. Nantinya, para orang tua dapat melihat kemampuan balita mereka mengenai HABW dalam bahasa Inggris dari laporan tersebut. Setelab aplikasi ini selesai dibuat, penulis melakukan proses uji coba terhadap beberapa pasang orang tua dan balita. Hasil uji coba ini menyatakan babwa aplikasi ini sudab baik dan efektif dalam mengenalkan HABW dalam bahasa Inggris kepada anak balita. Selain itu, program ini juga menarik dan mudab digunakan oleh anak balita. Hasil uji coba juga menyatakan babwa fitur laporan perkembangan balita memudabkan para orang tua dalam melihat perkembangan kemampuan anak balita mereka.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Perangkat Lunak Cal, Balita, Bahasa Inggris
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 13 Jul 2017 05:03
Last Modified: 13 Jul 2017 05:03
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30298

Actions (login required)

View Item View Item