Analisis Strategi Pemasaran di Winy Convection Solo

Inawati, Tri (2005) Analisis Strategi Pemasaran di Winy Convection Solo. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TM_2449_Abstrak.pdf

Download (78Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135369

Abstract

Semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis bidang konveksi, menuntut Winy Convection untuk mengurangi jenis produksinya. Hal tersebut mengakibatkan pengurangan jumlah pelanggan yang berarti juga pengurangan jumlah penjualan. Dalam usaha meningkatkan jumlah penjualan, maka penelitian ini dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis keunggulan dan kelemahan perusahaan sehingga dapat rnerancang perbaikan. Selain itu perusahaan juga perlu menganalisis tingkat kepentingan konsumen potensial agar dapat memperluas pangsa pasar. Analisis pertama yang dilakukan adalah analisis deskriptif yang bertujuan mengetahui profil konsumen. Pada pelanggan diperoleh ni1ai grand mean tingkat kepentingan sebesar 4.213 dan tingkat kepuasan sebesar 3.487. Sedangkan nilai grand mean tingkat kepentingan konsumen potensial adalah 4.0818. Analisis selanjutnya adalah analisis crosstabs yang bertujuan mengetahui perbedaan latar belakang antara cluster yang terbentuk yaitu toko grosir dan toko grosir eceran. Pada pelanggan tidak dilakukan pengujian secara statistic karena respondennya merupakan populasi. Sedangkan pada konsumen potensial, tedapat ketergantungan jenis toko pada variabel rata-rata pemesanan produk per tahun. Selanjutnya dilakukan analisis manova yang bertujuan mengetahui variabel signifikan yang membedakan rata-rata kedua cluster. Analisis pada tingkat kepentingan konsumen potensial terdapat perbedaan pada variabel jangka waktu pembayaran dan pemberian bonus pada saat-saat tertentu (hari raya, tahun baru, d11). Sedangkan analisis manova antara pelanggan dengan konsumen potensial terdapat perbedaan pada kondisi kemasan I pembungkus ketika diterima, kesesuaian jumlah produk ketika diterima, respon perusahaan terhadap keluhan I komplain pelanggan, dan kecepatan penanganan komplain.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Jul 2017 06:40
Last Modified: 13 Jul 2017 06:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30301

Actions (login required)

View Item View Item