Annisa, Bianda Nadia (2006) Hubungan Antara Strategi Regulasi Dalam Belajar Dengan Hasil Belajar Mahasiswa. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
UE_20_Abstrak.pdf Download (41kB) | Preview |
Abstract
Strategi regulasi dalam belajar merupakan sebuah taktik metakognitif yang dimiliki individu ketika akan melakukan proses belajarnya. Penelitian ini ingin mengetahui keterkaitan antara strategi regulasi dalam belajar (regulasi diri, regulasi eksternal, dan tanpa regulasi) dengan hasil belajar mahasiswa. Hasil belajar ini mengacu pada nilai tes, hasil kuis, laporan lisan, proyek, wawancara, dan pekerjaan rumah. Penelitian menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner inventory of learning style (ILS) khusus strategi regulasi hasil adaptasi dari Vermunt, ditambah beberapa butir buatan penulis. Instrumen lain adalah data nilai hasil belajar dari dosen pengajar mata kuliah. Peneliti mengambil secara non-random 167 mabasiswa dari kelas mata kuliah observasi dan interviu, psikologi kognitif, dan asesmen kepribadian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi. Hasil menunjukkan korelasi cukup signifikan terdapat pada kelas psikologi kognitif, namun tidak untuk semua aspek strategi regulasi. Temuan lain yang menarik adalah adanya korelasi cukup signifikan antara strategi tanpa regulasi dengan IPK. Didiskusikan pula implikasi dari hasil penelitian terhadap proses pembelajaran.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi regulasi, regulasi diri, regulasi eksternal, tanpa regulasi, basil belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 13 Jul 2017 08:54 |
Last Modified: | 13 Jul 2017 08:54 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30317 |
Actions (login required)
View Item |