Perencanaan Strategi Pemasaran Pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Manyar Surabaya

Purbaningtyas, Dira (2005) Perencanaan Strategi Pemasaran Pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Manyar Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2468_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2468_Abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135565

Abstract

Banyaknya restoran sejenis yang ada saat ini mengakibatkan RMABWS cabang Manyar Surabaya menghadapi persaingan yang ketat. Ditengah persaingan tersebut tentu saja RMABWS cabang Manyar Surabaya perlu merebut pasar. Untuk itu RMABWS cabang Manyar Surabaya perlu mengetahui karak-teristik dan perilaku konsumennya agar dapat menentukan strategi yang tepat untuk dapat bertahan dalam persaingan. Penelitian dilakukan dengan cara menyebar kuesioner di RMABWS cabang Manyar Surabaya dan rumah makan sejenis untuk mengetahui petbedaan karakteristik konsumen RMABWS cabang Manyar dengan konsumen nunah makan sejenis. Perbedaan karakteristik demografi terdapat pada karakter status, sedangkan perbedaan karakteristik perilaku terdapat pada karakter waktu berkunjung, pemberi usulan pemilihan restoran dan pengambil keputusan pemilihan restoran. Dinamika mayoritas konsumen RMABWS cabang Mmwar Surabaya adalah lajang (67 ,2%) dengan teman/relasi (36,2%), keluarga (34,5%) dan pacar (24,1%) sebagai influencer dan keluarga (36,2%) serta temanlrelasi (36,2%) sebagai decider. Pada tingkat kepentingan konsumen dalam memilih restoran yang menduduki ranking satu sampai lima yaitu rasa makanan dan minuman ( mean = 6,22), harga makanan dan minuman yang sesuai (mean = 6,12), variasi menu (mean = 6,05), kecepatan pelayanan (mean = 6,01) dan kebersihan restoran (mean = 5,84). Strategi pemasaran dilakukan dengan diferensiasi produk dan pelayanan serta mempertahankan positioning sebagai restoran halal. Dan strategi Marketing mix dilakukan dengan pengembangan menu, menentukan harga makanan dan minuman yang teljangkau dan sebanding dengan penawaran nilai dan melakukan strategi promosi penggunaan tokoh atau selebriti dengan image religius serta mensponsori kegiatan-kegiatan bernuansa Islam

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 18 Jul 2017 07:56
Last Modified: 18 Jul 2017 07:56
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30368

Actions (login required)

View Item View Item