Perencanaan Strategi Pemasaran di PT. Sepanjang Jaya

Julianti, Margaret (2005) Perencanaan Strategi Pemasaran di PT. Sepanjang Jaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2505_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2505_Abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135435

Abstract

PT. Sepanjang Jaya merupakan suatu perusahaan manufaktur yang menghasilkan produk jadi berupa sepeda diantaranya merek Edison. PT. Sepanjang Jaya berdiri sejak 1977 beralamat di Jl. Gajah mada nornor 5 Raya Kletek, Taman Sepanjang Sidoarjo. Perusahaan saat in mengalami penurunan volume penjualan di tahun-tahun terakhir ini yang menyebabkan omset perusahaan menurun sebesar 30 %. Oleh karena itu, perusahaan perlu rnerencanakan sebuah strategi pemasaran yang tepat dengan cara rnenganalisis profil, tingkat kepentingan, dan tingkat kepuasan konsurnen. Disamping juga rnelakukan wawancara dengan para distributor PT. Sepanjang Jaya dan distributor yang sudah tidak rnemesan lagi pada PT. Sepanjang Jaya.Selain itu, perusahaan juga perlu rnenganalisis profit dan tingkat kepentingan konsurnen potensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidenti:fikasi faktor-faktor penyebab menurunnya omset penjualan dan rnerencanakan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini. konsep dari strategi pemasaran yaitu: Segmentation, Targeting, Differentiation, and Positioning yang dikombinasikan dengan 4P (Product, Price, Place, Promotion). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden konsurnen dan konsurnen potensial masing-rnasing 100 orang. Dari hasil analisis crosstabs menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan perbedaan antara kelornpok konsurnen dengan profil responden tiap kelornpok konsurnen. Sedangkan semua variabel tidak memiliki frekuensi kurang dari 5, sehingga tidak dilakukan penggabungan. Pada hasil analisis MANOVA ditemukan adanya perbedaan antara konsurnen dengan konsurnen potensial, yaitu pada variabel product pada item pilihan (ukuran, warna, dan sebagainya) banyak. Analisis kuadran diperlukan untuk mengetahui kelebihan dan kelernahan sepeda Edison. Kelemahan sepeda Edison adalah rnerek tidak mudah diingat dan kurang dikenal, bonus pembelian kurang menarik, pendistribusian sepeda masih kurang rnerata dan garansi sparepart kurang rnemuaskan. Sedangkan kelebihan sepeda Edison adalah warna tidak gampang pudar, sepeda kuat dan awet, aksesoris lengkap, dan harga sesuai dengan kualitas. Dalam penelitian ini diberikan beberapa strategi pemasaran usulan seperti target pasar untuk semua lapisan kalangan rnenengah ke bawah, diferensiasi kualitas cukup bagus dengan harga rnurah disertai model yang rnenarik, posisi sebagai sepeda berharga rnurah dengan kualitas cukup bagus, serta beberapa taktik pemasaran usulan yang disusun berdasarkan dimensi 4P (Product, Price, Place, and Promotion).

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 19 Jul 2017 09:41
Last Modified: 19 Jul 2017 09:41
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30389

Actions (login required)

View Item View Item