Haryanto, Steve (2005) Perancangan Strategi Pemasaran di Papaya Fresh Gallery Darmo Permai Guna Mempertahankan Konsumen. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2499_Abstrak.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
"Papaya" merupakan supermarket yang beralamat di jalan Raya Darmo Permai Selatan 3, Surabaya. Supermarket Papaya memiliki pesaing yang letaknya berdekatan satu sama lain. Deogan semakin banyaknya usaha supermarket ini, menyebabkan teJjadinya persaingan yang ketat antar supermarket. Dengan persaingan yang ketat maka banyak konsumen beralih ke supermarket yang lain sehingga jumlah konswnen mengalami penurunan. Untuk dapat mempertahaokan konsumen, maka supermarket harus melakukan evaluasi khususnya terhadap strategi pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pemasaran agar dapat mempertahankan konsumen supermarket Papaya Darmo Permai. Konsep dari strategi pemasaran yaitu segmentation, targeting, differentiation, dan positioning yang dikombinasikan dengan 8Ps model of integrated service management yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen supermarket Papaya Darmo Permai. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepentin.gan dan kepuasan konsumen. Tingkat kepentingan tertinggi pada kualitas produk teljamin (mean = 4,8867). Sedangkan tingkat kepuasan tertinggi pada kualitas produk terjamin dan produk fresh (mean = 4,3733). Penelitian ini membagi konsumen berdasarkan latar belakang psikografi. Pengelompokan konsumen berdasarkan Jatar belakang psikografi dilakukan Wltuk membantu dalam menentukan strategi pemasaran yang sesuai dengan karakteristik konsumen Papaya. Hasil pengelompokan didapat 2 segmen terbesar yaitu segmen The Networking Pleasure (42%) dan segmen The Spontaneous Fun Loving (18,67%). Analisis Crosstab berdasarkan profil respondeD bahwa antara jenis kelamin, usia, pekerjaan, tempat belanja, dan seberapa sering berbelanja saling berhubungan dengan konsumen segmen The Networlcing Pleasure dan konsumen kelompok segmen The Spontaneous Fun Loving. Analisis kuadran yang dilakukan 1D1tuk mengetahui perbedaan mean antara tingkat tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen, sehingga dapat diketahui variabel-variabel apa saja yang menurut konsumen masih merasa tidak puas yang merupakan variabel yang menjadi kelemahan (kuadran IV) yaitu variabel tentang Papaya sering melakukan promosi berupa brosur dan memberikan diskon dan special price. Strategi pemasaran usulan dirancang berdasarkan konsep BPs model of integrated service management yaitu meliputi Product Element, Place and Time, Process, Productivity and Quality, People, Promotion, Physical Evidence, Price and Other Cost of Service, dan konsep Segmentation, Targetting, Positioning, and Differentiation.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 01:27 |
Last Modified: | 27 Jul 2017 01:27 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30444 |
Actions (login required)
View Item |