Strategi Penentuan Kuantitas Pembelian Koran Jawa Pos Oleh Distributor Didik News Agency Dengan Metode Newsboy

Wilujeng, Suyanti Nur (2004) Strategi Penentuan Kuantitas Pembelian Koran Jawa Pos Oleh Distributor Didik News Agency Dengan Metode Newsboy. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2261_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2261_Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135672

Abstract

DIDIK NEWS AGENCY terletak di jalan Kombes Pol M Duryat 40 Lamongan, merupakan distributor terlama yang ada di Lamongan. Saat ini agency menangani beberapa harian surat kabar seperti Jawa Pos, Surya, Memo, Radar Bojonegoro, Surabaya Post, Metro, Nyata, Nova, x-file, dan majalah anak-anak. Sistem pembelian pada agency kurang terarah, karena selama ini agency melakukan perencanaan pembelian berdasarkan pengalaman serta keadaan yang ada tanpa melakukan peramalan demand. Keadaan yang ada di sini mencakup keadaan cuaca, informasi berita-berita yang sedang disiarkan di media elektronik, penjualan masa lalu dan pertimbangan-pertimbangan lain yang tetjadi di distributor, sehingga seringkali distributor mengalami kesulitan untuk menentukan kuantitas pembelian yang sangat mempengaruhi jumlah keuntungan yang dapatkan. Karena tidak adanya peramalan demand untuk periode yang akan datang maka agency mengalami kesulitan dalam memprediksikan fluktuasi demand. Sehingga peramalan demand sangatlah penting untuk periode akan datang, sebelum melakukan permalan sebaiknya dilakukan analisis varians (Anova) untuk menguji pengaruh hari dan minggu terhadap penjualan sebagai demand Diperoleh dua model demand yaitu senin, selasa, rabu, kamis, sabtu dan minggu sebagai model I dan jumat sebagai model II. Kemudian peramalan dilakukan dengan menggunakan metode Moving Average yang mewakili demand hari senin, selasa, rabu, kamis, sabtu dan minggu sebagai model I dan Double Exponential Smoothing yang mewakili hari jumat sebagai model II. Hasil dari peramalan ini dapat memberikan informasi kepada agency mengenai demand mendatang yaitu untuk model I sebanyak 447 eksemplar dan model II sebanyak 441 eksemplar, dengan demandberdistribusi normal berdasarkan pengujian distribusi KS-Test. Setelah mengetahui jenis distribusi dan demand masa mendatang dari hasil peramalan yang dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perhitungan kuantitas pemesanan optimal yang dapat mereduksi tetjadinya kekurangan dan kelebihan stock dengan metode Newsboy. Ada tiga metode Newsboy yang digunakan untuk menentukan kuantitas pemesanan tunggal diantaranya pemesanan tunggal demand berdistribusi normal, Dual Performance Measure dan Formula Approach. Dari tiga metode Newsboy ini dipilih metode yang memberi keuntungan (Profit) terbesar, yaitu metode Dual Performance Measure dengan rata-rata keuntungan yang diperoleh sebesar Rp. 132.470 per hari. Kemudian setelah kuantitas pemesanan optimal ditetapkan, juga dilakukan penentuan waktu yang tepat untuk melakukan penurunan harga jual surat kabar, yaitu untuk hari minggu, rabu, kamis dan sabtu pada pukul 11.00 sedangkan untuk hari lainnya tetap pada pukul 10.00 WIB. Dengan strategi penurunan harga jual ini diharapkan dapat membantu agency dalam upaya memaksimalkan expetasi keuntungan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 27 Jul 2017 05:49
Last Modified: 27 Jul 2017 05:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30453

Actions (login required)

View Item View Item