Analisis Time Series Faktor Penentu Penanaman Modal Asing ( PMA) Di Indonesia Periode 1981-2014

Erlyana, Devina (2016) Analisis Time Series Faktor Penentu Penanaman Modal Asing ( PMA) Di Indonesia Periode 1981-2014. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
SP_1834_Abstrak.pdf

Download (180Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/244443

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami faktor-faktor penentu penanaman modal asing (PMA) yang ada di Indonesia. Terdapat enam faktor yang dibahas dalam penelitian ini sebagai variable independen yang dapat mempengaruhi arus masuk PMA tersebut, yaitu Indeks Harga Konsumen (IHK), Produk Domestik Bruto (PDB), Pengangguran, Suku Bunga, Konsumsi Energi, dan Pajak. Metode analisis time series digunakan untuk mengestimasi data dengan periode penelitian dari tahun 1981 sampai dengan 2014. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif karena dalam pelaksanaannya meliputi data, analisis dan interpretasi data. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari World Bank melalui World Development Indicator (WDI), serta data sekunder sebagai data pendukung melalui kepustakaan dan jurnal penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam jangka pendek, Produk Domestik Bruto (PDB) dan pajak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penanaman modal asing di Indonesia, namun dalam jangka panjang terdapat empat variabel yang berpengaruh signifikan terhadap penanaman modal asing, yaitu Indeks Harga konsumen (IHK), Produk Domestik Bruto (PDB), konsumsi energi dan pajak. Terdapat indikasi bahwa ekuilibrium jangka pendek akan mengarah pada ekuilibrium jangka panjang dengan kecepatan penyesuaian yang moderat.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Penanaman Modal Asing (PMA), Indeks Harga Konsumen (IHK), Produk Domestik Bruto (PDB), Pengangguran, Tingkat Suku Bunga, Konsumsi Energi, Pajak.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 31 Jul 2017 05:06
Last Modified: 11 Sep 2017 02:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30492

Actions (login required)

View Item View Item