Studi terhadap keandalan VARK : Instrumen modalitas belajar baru yang unik dan menarik

Sia , Tjun Djing (2003) Studi terhadap keandalan VARK : Instrumen modalitas belajar baru yang unik dan menarik. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of UE_1_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
UE_1_Abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/134732

Abstract

Gaya belajar adalah suatu istilah yang mulai marak digunakan dalam dunia pendidikan. Perkembangan ini memunculkan banyak instrumen pengukuran baru yang mengaku dapat mengetahui dan mengukur gaya belajar seseorang. Tidak sedikit ahli yang merasa dan mengatakan bahwa instrumen buatannya adalah yang terbaik. Di sisi lain, banyak keluhan dimunculkan seputar keabsahan suatu instrurnen. Beberapa instrumen, bahkan ada yang sudah terkenal dan banyak digunakan temyata belum memenuhi persyaratan sebagai suatu instrurnen pengukuran psikologis yang baik, mulai dari aspek reliabilitas, validitas serta stabilitas hasil pengukuran. Beberapa pihak justru terkesan hanya mencari keuntungan pribadi melalui penjualan maupun pelatihan-pelatihan seputar tema gaya belajar. Penyelewengan ini mendorong dilakukannya uji reliabilitas dan validitas terhadap suatu instrurnen pengukuran modalitas sensoris ( salah satu aspek gaya belajar) baru, V ARK (Visual, Aural, Read/write, Kinesthetic). Penelitian ini melibatkan 178 mahasiswa baru. Pemilihan subjek menggunakan metode whole-population, melibatkan semua anggota populasi. Dengan metode analisis reliabilitas skala dari SPSS, didapati koefisien reliabilitas sebesar 0,7076 untuk multi-option variable VARK dan 0,8132 untuk checklist V ARK. Uji validitas butir menunjukkan bahwa semna butir V ARK tergolong signifikan secara statistik, pada taraf signifikansi p<0,05 (2-ekor). Selain itu didapati pula koefisien korelasi yang signifikan positif antara skor V ARK dari beberapa periode pengukuran yang berbeda, yaitu sebesar 0,379 untuk periode pertama dan kedua, serta 0, 617 untuk periode pengukuran kedua dan ketiga. Semua koefisien tersebut dinilai signifikan pada taraf signifikansi p<O,O 1 (2-ekor). Selain itu, diketahui pula bahwa tidak ada perbedaan skor V ARK subjek sekalipun V ARK disajikan dalam format respon (lembar jawaban) yang berbeda. Jadi ketika disajikan dalam bentuk multi-option variable maupun dalam bentuk checklist, subjek cenderung memperoleh skor yang sama.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Aug 2017 00:42
Last Modified: 04 Aug 2017 00:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30531

Actions (login required)

View Item View Item