Motivasi berprestasi atlet renang ditinjau dari gaya kepemimpinan pelatih

Budiman, Aloisius Davy (2003) Motivasi berprestasi atlet renang ditinjau dari gaya kepemimpinan pelatih. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of UE_2_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
UE_2_Abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/134813

Abstract

Dewasa ini banyak: olahraga renang diminati oleh masyarakat. Setiap perkwnpulan olahraga bertujuan Wltuk meningkatkan prestasi para atlet yang dalam hubungannya berpengaruh pada motivasi. Salah satu motif yang berperan besar dalam kehidupan olahraga adalab motif berprestasi. Motivasi sangat berpengaruh terhadap prestasi. Motivasi berprestasi dipengaruhi oleh faktor keluarga, lingkungan, jenis kelamin, tingkat ekonomi, dan metode mengajar -dalam hal ini adalab gaya kepemimpinan pelatih. Setiap perkumpulan renang mempWlyai gaya kepemimpinan pelatih yang berbeda-beda. Menurut Chelladurai dan Haggerty (1978) mencakup tiga gaya kepemimpinan yaitu otokratis, delegatit: dan partisipatif. Pemilihan gaya kepemimpinan yang sesuai akan membantu memotivasi atlet dalam proses latihan. Tujuan penelitian ini adalab Wltuk menganalisis gaya kepemimpinan pelatib yang paling efektif dalam meningkatkan motivasi berprestasi atlet perkumpulan renang X, perkwnpulan renang Y, dan perkumpulan renang Z. Populasi dalam penelitian ini adalab seluruh atlet yang mengikuti pertandingan dalam perkwnpulan renang X, perkwnpulan renang Y, dan perkwnpulan renang Z di Surabaya. Jumlab sampel yang digWlakan adalab sebanyak 90. Teknik pengambilan sampel yang digilllakan adalab incidental sampling. Analisis data menggilllakan anakova 1 jalan dengan 2 kovariavel yang mempengaruhi motivasi berprestasi yaitu usia dan prestasi. Hasi1 penelitian menurliukkan babwa ada perbedaan motivasi berprestasi atlet renang ditinjau dari gaya kepemimpinan pelatib, dimana dapat dilibat dari nilai F sebesar 19,108 dengan signifikansi p sebesar 0,000 (p < 0,05). Motivasi berprestasi atlet dengan pelatih bergaya kepemimpinan otokratis lebib besar dari pelatib bergaya kepemimpinan delegati£. Pelatib bergaya kepemimpinan otokratis dengan pelatih bergaya kepemimpinan partisipatif tidak ada perbedaan yang signifikan karena gaya kepemimpinan partisipatif mempWlyai rata-rata lebib besar dari gaya kepemimpinan otokratis. Sementara motivasi berprestasi atlet dengan pelatih bergaya kepemimpinan partisipatif lebib besar dari pelatih bergaya kepemimpinan delegati£. Dari basil penelitian tersebut, gaya kepemimpinan pelatib sangat menentukan motivasi berprestasi atlet sehingga dapat meningkatkan prestasi para atlet. Gaya kepemimpinan partisipatif lebib disarankan karena pelatib selalu memberi kesempatan kepada atlet Wltuk memberi masukan, memperhatikan atlet dengan baik sehingga atlet tidak merasa tertekan dalam latiban.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Aug 2017 00:54
Last Modified: 04 Aug 2017 00:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30532

Actions (login required)

View Item View Item