Analisis Ekuitas Merek Dan Ekuitas Pelanggan Dikaitkan Dengan Positioning Produk Handphone Merek Siemens

Widodo, Yogo (2004) Analisis Ekuitas Merek Dan Ekuitas Pelanggan Dikaitkan Dengan Positioning Produk Handphone Merek Siemens. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2235_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2235_Abstrak.pdf

Download (39kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135650

Abstract

Semakin tajamnya persaingan yang ada membuat para vendor semakin berusaha agar produk mereka menjadi yang terbaik di mata konsumen atau memberikan nilai yang tinggi buat konswnen. Untuk mencapai hal tersebut, maka yang dapat dilakukan oleh para vendor, yaitu: membangun kekuatan merek (brand equity), dan membina ekuitas pelanggan (customer equity). Membangun kekuatan merek berarti bagaimana memanage dan meng--control aset-aset merek tersebut sehingga merek tersebut memiliki pangsa pasar yang besar, Joyalitas yang tinggi dan persepsi kualitas yang baik. Membina ekuitas pelanggan berarti berupaya agar pelanggan tetap intim dengan merek serta berupaya untuk mengelola dan memaksimalkan pelanggan sebagai asset, antara lain dengan melakukan retention, acquisilion dan add on sales. Agar Siemens dapat mempertabankan dan mengembangkan pangsa pasarnya maka Siemens perlu untuk mengetahui posisinya di pasar dengan cara mengukur ekuitas merek dan pelanggannya. Pengukuran ini dilakukan dengan cara mensurvei konsumen lewat kuesioner. Elemen-elemen ekuitas merek yang akan ditehti adalah kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek, sedangkan elemen-elemen ekuitas pelanggan yang akan diteliti adalal1 customer retention, customer acquisition dan add on selling. Dalam penelitian yang dilakukan di Surabaya ini, akan diukur ekuitas merek dan ekuitas pelanggannya untuk mereposisikan Siemens agar dapat memenangkan persaingan. Dari basil yang didapatkan diketahui bal1wa merek yang menempati posisi top a,( mind (41.3%) adalah Nokia, begitu juga Wltuk merek yang paling disukai (42%). Disusul oleb Siemens yang menempati urutan kedua untuk posisi top of mind (25.3%) juga untuk merek yang paling disukai (24.7%). Berdasarkan basil survey maka diperoleb beberapa masukan yang berupa kritik maupun saran perbaikan menurut responden yang diperlukan dan diharapkan dapat memberi sumbangan positif. Kelemahan-kelemahan yang diketahui dari respond en yaitu : Desainnya kurang menarik dan monoton, cara pengoperasian ponsel yang rwnit karena menWlya yang kurang user friendly, promosiliklannya masih kurang, apalagi dibandingkan dengan pesaing terdekatnya. Sedangkan saran-saran yang diterima dari responden untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan tersebut :Memperbaiki desain dan dimensinya agar lebih fashionable dan sty/ish,memperbaiki cara pengoperasian menunya agar lebih user friendly,menambah frekuensi promosi/iklan, lebih sering mengadakan pameran atau even-even khusus.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 13 Sep 2017 05:19
Last Modified: 13 Sep 2017 05:19
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30717

Actions (login required)

View Item View Item