Analisis Perilaku Konsumen dan Perancangan Strategi Pemasaran di Klub Break Dance City Warrior (CW)

Gunawan, Nickolaus Rio (2005) Analisis Perilaku Konsumen dan Perancangan Strategi Pemasaran di Klub Break Dance City Warrior (CW). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2534_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2534_Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135341

Abstract

Di era modem ini, kebutuhan akan jasa hiburan (entertainment) untuk memeriahkan berbagai macam acara sangat tinggi (pesta ulang tahun, pemikahan, acara launching produk. promosi, parneran, Iomba, dan acara-acara lainnya). Break dance yang sampai saat ini masih terus berkembang di seluruh Indonesia tennasuk salah satu jenis hiburan yang dapat membuat suatu acara menjadi lebih menarik. CITY WARRIOR (CW) sebagai salah satu klub break dance yang berdomisili di Surabaya, ikut berpartisipasi meramaikan jasa hiburan break dance. CW menawarkan suatu break dance performance yang berkualitas dan bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan pesaing (benchmarking), perilaku konsumen, SWOT, dan merancang strategi pemasaran baru yang lebih tepat. Pengumpulan data berasal dari konsumen CW dan masyarakat umum (responden konsumen potensial). Pengambilan sample untuk responden konsumen sebanyak 30 orang dan responden konsumen potensial sebanyak 1 00 orang. Perbedaan rata-rata tingkat kepentingan antara konsumen CW dengan konsumen potensial bisa didapat melalui analisis manova ( diperoleh 14 variabel tingkat kepentingan yang berbeda). Melalui analisis crosstab, dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara kelompok konsumen dengan variabel latar belakang dan perilaku. Dari analisis kuadran yang menggunakan data mean rata-rata, diketahui bahwa variabel kualitas performance, kostum dan aksesori, serta variabel lain yang penting bagi konsumen sudah mencapai tingkat kepuasan yang tinggi (kuadran 1). Pada analisis ini tidak terdapat variabel yang penting bagi konsumen tanpa disertai kepuasan konsumen yang tinggi (pada kuadran IV). Dari semua basil penelitian, diketahui bahwa keputusan memakai jasa break dance dipengaruhi oleh uang, kemampuan, pengetahuan, gaya hidup, serta relasi di lingkungan konsumen (analisis perilaku konsumen). CW memiliki kelebihan dalam hal kualitas performancenya yang bagus, bervariasi, dan memuaskan (nilai mean rata-rata tingkat kepuasan sudah tinggi, yaitu 4,16). Namun, CW perlu menyempumakan kostum, aksesori, dan kemampuan freestyle para krunya agar bisa menjadi lebih unggul dibandingkan dengan para pesaingnya (basil analisis benchmarking dan SWOT). CW juga harus mempertahankan kelebihan yang dimiliki dan melakukan perbaikan agar bisa mempertahankan dan lebih meningkatkan kepuasan konsumennya. Dalam penelitian ini juga diberikan usulan baru mengenai target pasar serta strategi pemasaran yang disusun berdasarkan dimensi 8P (antara lain perbaikan kekompakan gerakan, menata program training kru, merekrut ahli break dancer dan merekrut kru baru, promosi efisien yang memberikan diskon khusus untuk event tertentu dengan syarat timbal balik mengikut-sertakan CW dalam promosi, pembelian kostum dan aksesori baru, dan menerima lebih banyak job tampil untuk peningkatan laba bersih. Strategi pemasaran usulan tersebut diharapkan mampu meningkatkan daya saing CW, agar dapat lebih dikenal masyarakat dan mampu merebut pangsa pasar yang lebih luas.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 15 Sep 2017 00:52
Last Modified: 15 Sep 2017 00:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30736

Actions (login required)

View Item View Item