Absari, Dhiani Tresna (2011) Restrukturisasi dan Pengembangan Aktivitas Belajar Mengajar Pada Mata Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak. In: Konferensi Nasional ICT-M Politeknik Telkom 2011, ISSN 2088-8252, 8 DECEMBER 2011, Politeknik Telkom, Bandung.
PDF
DHIANI_KNIP09.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu tanggung jawab penting yang selalu harus diusahakan untuk dipenuhi oleh seorang dosen profesional dalam perannya sebagai pendidik adalah meningkatkan pemahaman dan prestasi mahasiswa pada kelas ajarnya. Untuk itu, berbagai upaya untuk mewujudkan hal tersebut senantiasa dilakukan. Ada lima bidang pembelajaran yang berpengaruh pada kesuksesan aktivitas pembelajaran, yaitu: pengembangan kurikulum dan pengorganisasian bahan/materi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, pemilihan sarana-prasarana pembelajaran. Berdasarkan evaluasi pembelajaran pada kelas Rekayasa Pearangkat Lunak, sebuah mata kuliah wajib yang ada pada Jurusan Teknik Informatika Universitas 'x', terungkap bahwa terdapat beberapa permasalahan yang berkaitan dengan tiga dari lima bidang pembelajaran. Hal ini telah menyebabkan ketidakpuasan mahasiswa sehingga prestasi belajar mereka pun tidak optimal. Pada penelitian ini ditunjukkan bahwa restrukturisasi dan pengembangan terhadap bidang pembelajaran, ternyata memang benar dapat memperbaiki dan meningkatkan aktivitas pembelajaran.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas pembelajaran, bidang pembelajaran, restrukturisasi dan pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | Sholeh Hadi Setiawan 61158 |
Date Deposited: | 07 Feb 2013 05:13 |
Last Modified: | 08 Feb 2013 02:44 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3077 |
Actions (login required)
View Item |