Perbaikan Strategi Pelayanan PT. Alfa Valves Indonesia untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Valve di Perusahaan-Perusahaan Minyak dan Gas Bumi di Indonesia

Hadianto, Ricky (2005) Perbaikan Strategi Pelayanan PT. Alfa Valves Indonesia untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Valve di Perusahaan-Perusahaan Minyak dan Gas Bumi di Indonesia. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2564_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2564_Abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135385

Abstract

PT Alfa Valves Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di industri valve, produk yang dihasilkan yaitu valve dengan berbagai macam jenis, ukuran dan bahan, antara lain carbon, steel valves, stainless steel valves, cast steel globe valve dan lain-lain. PT Alfa Valves Indonesia juga memberikan layanan kepada pelanggan antara lain Technical and Management solution, Layanan puma jual dan Rekondisi (Perbaikan kondisi). Perusahaan ini merupakan perusahaan yang beroperasi dengan sistem job order dimana produknya sesuai dengan pesanan konsumen baik dalam jumlah maupun spesifikasi produk. Quality Function Deployment (QFD) yaitu praktik untuk merancang suatu proses sebagai tanggapan terhadap kebutuhan pelanggan. Quality Function Deployment (QFD) berusaha menerjemahkan apa yang dibutuhkan pelanggan menjadi apa yang dihasilkan organisasi. Proses -proses yang ada dalam Quality Function Deployment (QFD) digerakkan oleh apa yang diinginkan oleh para pelanggan, bukan oleh hasil inovasi dalam teknologi. Untuk menentukan apa yang sebenamya diinginkan oleh para pelanggan kemudian diterjemahkan menjadi apa yang dibuat oleh perusahaan dan dianalisa dengan matriks House of Quality (HOQ). Rumah mutu atau House of Quality (HOQ) adalah sebuah matrik yang menunjukkan hubungan antara kebutuhan -kebutuhan konsumen dan sifat-sifat rekayasa teknik. Dengan menggunakan alat ini, perusahaan akan mampu menyesuaikan kebutuhan para konsumen dengan desain dan kendala -kendala pabrikasi. Dengan pembuatan matrik House of Quality (HOQ) ini diharapkan semua kebutuhan dan keinginan konsumen dapat diketahui dan dipenuhi oleh pihak perusahaan, sehingga layanan PT Alfa Valves Indonesia yang sudah ada bisa ditingkatkan kualitas layanannya. Pada tahap awal ini, penggalian atribut berdasarkan survei awal, kemudian dilanjutkan dengan kuesioner pendahuluan guna mengetahui harapan-harapan pelanggan. Hasil dari semua kebutuhan dan harapan pelanggan ini berikutnya akan dipilih, dan yang dijadikan atribut tersebut adalah yang merupakan Customer Needs (kebutuhan pelanggan). Langkah rekayasa kualitas terlihat pada tahap ini, dimana tahap ini akan menterjemahkan harapan pelanggan menjadi karakteristik teknis (Respon Teknis), serta menentukan prioritas-prioritas respon teknis yang memerlukan penanganan. Hasil analisa kebutuhan pelanggan perusahaan valve menunjukkan rata-rata kepuasan pelanggan PT Alfa Valves Indonesia adalah sebesar 3, 9121. Nilai rata-rata ini menunjukkan bahwa selama ini pelanggan PT Alfa Valves Indonesia puas dengan layanan yang telah diterima. Hasil dari pengolahan data telah didapatkan keunggulan utama PT Alfa Valves Indonesia adalah atribut Tingkat kesesuaian (conformance) antara produk dengan spesifikasi yang diminta oleh pelanggan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 25 Sep 2017 06:40
Last Modified: 25 Sep 2017 06:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30775

Actions (login required)

View Item View Item