Sistem Invormasi Inventori Stok dan Tabung LPG Serta Pengontrolan Arus Keluar Masuk Kendaraan Berbasis WEB Pada Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE)

Adityawan, Eggy (2017) Sistem Invormasi Inventori Stok dan Tabung LPG Serta Pengontrolan Arus Keluar Masuk Kendaraan Berbasis WEB Pada Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
SI_114_Abstrak.pdf

Download (116Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/246564

Abstract

ABSTRAK: Perusahaan Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) adalah salah satu perusahaan milik swasta yang bergerak di bidang pengisian dan pengangkutan tabung elpiji. SPPBE menjalankan gerakan pemerintah yaitu mengonversi penggunaan minyak tanah ke LPG yang bersubsidi atau tabung yang berukuran tiga kilogram. Perusahaan SPPBE Tegowangi didirikan pada tahun 2013 di Desa Tegowangi, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Aktivitas SPPBE yang padat menyebabkan berbagai kendala muncul seperti ketidaksesuaian jumlah stok dan tabung LPG milik SPPBE karena kesalahan teknis dikarenakan perhitungan masih menggunakan alat hitung manual sehingga memungkinkan kesalahan yang terjadi semakin besar. Masalah lain yang dialami oleh SPPBE adalah arus keluar masuk kendaraan truk milik agen LPG yang selama ini tidak dicatat dan hanya mengandalkan daya ingat satpam yang bertugas sebagai penjaga pintu gerbang. Waktu masuk dan keluar seluruh kendaraan baik skid tank milik SPPBE Tegowangi, truk retester yang membawa tabung LPG pengganti, kendaraan milik tamu, dan kendaraan pegawai harus dicatat secara keseluruhan. Arus kendaraan keluar masuk yang tidak ditulis dapat memberikan hal buruk untuk perusahaan dan tidak dapat dijadikan alat bukti bila terjadi kehilangan. Aplikasi yang tepat untuk SPPBE tersebut berbasis web karena dapat mengolah data agar lebih teratur dan pekerjaan menjadi efektif.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: SPPBE, Sistem Inventori Stok LPG, Sistem Kontrol Kendaraan
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Information System
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 28 Sep 2017 05:56
Last Modified: 28 Sep 2017 08:56
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30789

Actions (login required)

View Item View Item