Variabel-Variabel Demografik yang Berasosiasi dengan Rencana untuk Melanjutkan Pacaran ke Pernikahan (Studi pada Pasanag Beda Agama)

Setiawarsita, Caecilia (2005) Variabel-Variabel Demografik yang Berasosiasi dengan Rencana untuk Melanjutkan Pacaran ke Pernikahan (Studi pada Pasanag Beda Agama). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of S_148_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
S_148_Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/139744

Abstract

Secara teoritis ada perbedaan pertimbangan antara dewasa awallaki-laki dan perempuan yang sedang berpacaran untuk meneruskan ke jenjang pernikahan. Perbedaan pertimbangan tersebut berkait dengan perbedaan factor demografls antara diri dan pasangan. Berdasarkan penelitian-penelitian yang telah dilakukan, factor agama merupakan hal yang paling menimbulkan konflik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini lebih difokuskan pada individu dengan pasangan yang berbeda agama serta secara lebih khususnya etnis Cina. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan apakah ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam menentukan untuk melanjutkan berpacaran ke jenjang pernikahan, dilihat dari variabel demograflk yakni usia, income, pendidikan, asal tempat tinggal, sosial ekonomi, serta asal tempat tinggal. Teknik pengambilan data menggunakan angket terbuka dan tertutup. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 493 mahasiswa etnis Cina yang masih terdaftar dan aktif akademik di Faknltas Psikologi Universitas Surabaya. Sampel yang digunakan beljumlah 56 mahasiswa dengan perincian 22 laki-laki dan perempuan 34. Adapun kriteria subyek ialah sedang berpacaran, beda agama, etnis Cina dan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Hasil Penelitian adalah: variabel demograflk berasosiasi dengan melanjutkan-tidaknya pacaran ke jenjang pernikahan yakni: yang "signiflkan" meliputi social ekonomi, usia, pendidikan serta etnis sedangkan yang "kurang signiflkan" meliputi income. dan asal tempat tinggal.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 12 Oct 2017 00:38
Last Modified: 12 Oct 2017 00:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30891

Actions (login required)

View Item View Item