Asmara, Ratna Widias (2003) Perbedaan Tingkat Perkembangan Moral Antara Remaja yang Tinggal Bersama Orang Tua (Keluarga) dengan Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
P_332_Abstrak.pdf Download (50kB) | Preview |
Abstract
Faktor yang membentuk perkembangan moral individu adalah keluarga, peranan masyarakat, tingkatan kognrtif dan kemampuan untuk berempati. Keluarga merupakan lembaga pertarna dalarn kehidupan anak, tempat belajar dan menyatakan diri sebagai nakhluk sosial. Kehidupan keluarga yang menerapkan kebebasan berpikir secara demokratis dengan adanya pola komunikasi yang terbuka yaitu adanya diskusi-diskusi antara anggota keluarga atau musyawarah mengenai berbagai isu akan memungkinkan seorang remaja untuk memikirkan segala fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dengan mengambil banyak faktor sebagai dasar pertimbangan. Ada kalanya orang tua dalam mendidik anaknya mempercayakan kepada lembaga pendidikan lain yang dirasa mampu mendidik dan membantu anak-anak mereka untuk bisa lebih baik, salah satunya adalah pondok pesanfen. Pondok pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan yang sedikit banyak mengambil alih peran keluarga dalam pendidikan anak atau remaja saat ini.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Users 147 not found. |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 03:23 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 03:23 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30910 |
Actions (login required)
View Item |