Perbedaan Tingkat Perkembangan Moral Antara Remaja yang Tinggal Bersama Orang Tua (Keluarga) dengan Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren

Asmara, Ratna Widias (2003) Perbedaan Tingkat Perkembangan Moral Antara Remaja yang Tinggal Bersama Orang Tua (Keluarga) dengan Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of P_332_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
P_332_Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/143377

Abstract

Faktor yang membentuk perkembangan moral individu adalah keluarga, peranan masyarakat, tingkatan kognrtif dan kemampuan untuk berempati. Keluarga merupakan lembaga pertarna dalarn kehidupan anak, tempat belajar dan menyatakan diri sebagai nakhluk sosial. Kehidupan keluarga yang menerapkan kebebasan berpikir secara demokratis dengan adanya pola komunikasi yang terbuka yaitu adanya diskusi-diskusi antara anggota keluarga atau musyawarah mengenai berbagai isu akan memungkinkan seorang remaja untuk memikirkan segala fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dengan mengambil banyak faktor sebagai dasar pertimbangan. Ada kalanya orang tua dalam mendidik anaknya mempercayakan kepada lembaga pendidikan lain yang dirasa mampu mendidik dan membantu anak-anak mereka untuk bisa lebih baik, salah satunya adalah pondok pesanfen. Pondok pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan yang sedikit banyak mengambil alih peran keluarga dalam pendidikan anak atau remaja saat ini.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2017 03:23
Last Modified: 17 Oct 2017 03:23
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30910

Actions (login required)

View Item View Item