Sriwitjayanti, Betty (2005) Hubungan Antara Self-Monitoring dengan Sikap Terhadap Perilaku Konsumtif Pakaian. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
IN_714_Abstrak.pdf Download (51kB) | Preview |
Abstract
Seiring dengan kemajuan jaman, meningkat pula tawaran produk dengan berbagai produk baru misalnya pakaian. Penawaran dengan berbagai cara dimanfaatkan oleh produsen untuk menarik hati para konsumen. Begitu juga halnya dengan pemilihan dan pemakaian barang. Membanjirinya produk-produk pakaian di pasaran akan mempengaruhi sikap seseorang terhadap produk tersebut untuk berperilaku konsumtif Perilaku kQilSumtif adalah kecenderungan seseorang untuk mengkonsumsi barang secara berlebihan yang bersifat pemborosan dan lebih didorong oleh faktor keinginan daripada kebutuhan. Sedangkan sikap terhadap perilaku konsumtif adalah derajat afek positif atau afek negatif yang meliputi 4 aspek sikap yang berkaitan dengan objek sikap yaitu perilaku konsumtif pakaian. Dalam diri individu pasti memiliki self-monitoring. Adanya perbedaan self-monitoring memungkinkan adanya perbedaan sikap terhadap perilaku konsumtif Individu yang memiliki self-monitoring tinggi cenderung lebih sensitif terhadap bagaimana individu tersebut melakukan penghadiran diri terhadap orang lain, selalu berusaha untuk melakukan tingkah laku apa saja yang sesuai dengan situasi serta lebih responsif dalam menerima informasi dibandingkan dengan individu yang memiliki self-monitoring rendah. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Subyek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya angkatan 2002-2003, N = 50. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan komputer Statistical Program for Sooial Science (SPSS). Berdasarkan pengujian statistik regresi sederhana diperoleh hasil bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel self-monitoiring dengan sikap terhadap perilaku konsumtlf pada pakaian (F = 13,466 dengan p (0,001)<0.05). Hasil uji regresi stepwise antara aspek variabel self-monitoring dengan sikap didapat 1 aspek self-monitoring dominan yaitu aspek 3 (other directed self representation). Aspek other directed self representation diperoleh nilai F = 12,292; p = 0,001; adjusted R2 = 0,187. Dari uji t disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap terhadap perilaku konsumtif pada pakaian antara responden dengan self-monitoring tinggi dan self-monitoring rendah dengan t = 3.639 dengan p (0.001) <0.05). Dari uji t juga disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap terhadap perilaku konsumtif pada pakaian antara responden laki-laki dan perempuan karena nilai p>0.05.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 25 Oct 2017 06:21 |
Last Modified: | 25 Oct 2017 06:21 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30982 |
Actions (login required)
View Item |