Strategi Pemasaran untuk Bersaing dari Segi Kualitas, Harga dan Layanan di Dealer Adika Tulungagung

Wijaya, Roy Darmawan (2006) Strategi Pemasaran untuk Bersaing dari Segi Kualitas, Harga dan Layanan di Dealer Adika Tulungagung. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2620_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2620_Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135210

Abstract

Dealer ADIKA Tulungagung merupakan dealer sepeda motor China yang beralamat di jalan Basuki Rahmat 63 Tulungagung. Dealer ADIKA Tulungagung memiliki beberapa pesaing yang berada dalam satu wilayah. Dengan semakin banyaknya usaha sepeda motor baik buatan China maupun Jepang, menyebabkan terjadinya persaingan yang ketat antar dealer sepeda motor. Dengan persaingan yang ketat maka banyak dealer sepeda motor berusaha untuk terns memperbaiki dan memperbaharui quality, cost dan service pada dealemya masing-masing yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan mempertahankan konsumen. Untuk meningkatkan penjualan dan mempertahankan konsumen, maka dealer sepeda motor harus melakukan evaluasi khususnya terhadap strategi pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan sepeda motor China dari dealer ADIKA Tulungagung. Konsep dari strategi pemasaran yaitu segmentation, targeting, positioning dan differentiation dan pendekatan melalui dimensi quality, cost dan service yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen dealer ADIKA Tulungagung baik yang sudah membeli (pelanggan) atau yang belum pemah rnernbeli (potensial). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden l 00 . konsumen pelanggan dan I 00 konsurnen potensial. Perbedaan dari pelanggan dan potensial didapatkan dari analisis crosstab (ada 9 variabel) dan analisis manova (ada 20 variabel tingkat kepentingan). Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen. Tingkat kepentingan tertinggi konsumen pelanggan terletak pada dimensi quality, yaitu variabel kondisi mesin sepeda motor (mean = 4,31). Sedangkan tingkat kepuasan tertinggi konsumen pelanggan terletak pada cost, yaitu variabel pemberian program-program promosi (mean = 3,93). Untuk konsumen potensial tingkat kepeotingan tertinggi terdapat pada dimensi quality, yaitu variabel kondisi body sepeda motor (mean = 4,14). Untuk analisis kuadran yang berfungsi mengetahui kelebihan dan kelemahan digunakan data mean rata-rata (grand mean), yaitu dari tingkat kepentingan konsumen pelanggan adalah 3,864 dan tingkat kepuasan konsurnen pelanggan adalah 3,51. Kelebihan yang dimiliki oleh dealer ADIKA Tulungagung berdasarkan analisis kuadran terletak pada dimensi cost yaitu variabel pemberian potongan harga jual sepeda motor (pembelian secara tunai) karena variabel ini terletak pada kuadran I yang mempunyai tingkat kepentingan sebesar 3,89 dan tingkat kepuasan sebesar 3,67. Untuk kelema.han dealer ADIKA Tulungagung terletak pada kuadran IV di mana pada kuadran itu rnernpunyai tingkat kepentingan tinggi dan tingkat kepuasan rendah, adapun variabel yang menjadi kelemahan dealer ADIKA Tulungagung adalah kondisi mesin sepeda motor (mean tingkat kepentingan = 4,31 dan mean tingkat kepuasan = 2,99) yang merupakan dimensi dari quality, kondisi suku cadang (mean tingkat kepentingan = 4,25 dan mean tingkat kepuasan = 3,01) merupakan dimensi quality, kelengkapan suku cadang (mean tingkat kepentingan = 4,26 dan mean tingkat kepuasan = 3,08) merupakan dimensi quality dan kemudahan proses klaim suku cadang (mean tingkat kepentingan = 4,02 dan mean tingkat kepuasan = 2,76) yang merupakan dimensi service. Dalam penelitian ini diberikan usulan rnengenai segmen pasar, target pasar, diferensiasi pasar, posisi pasar serta taktik pemasaran yang disusun berdasarkan dimensi quality, cost dan service untuk meningkatkan penjualao, daya saing dan kepuasan konsumen dealer ADIKA Tulungagung.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 27 Oct 2017 06:03
Last Modified: 27 Oct 2017 06:03
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31006

Actions (login required)

View Item View Item