Studi Kajian Literatur Wanita Tidak Menikah Di Berbagai Negara

Nanik, Nanik and Hendriani, Wiwin (2016) Studi Kajian Literatur Wanita Tidak Menikah Di Berbagai Negara. In: Prosiding Seminar Asean : Psikologi dan Kemanusiaan Kedua. UMMPres, Malang, pp. 302-309. ISBN 978-979-796-170-1

[img]
Preview
PDF
Studi Kajian Literatur Wanita Tidak Menikah_2016.pdf

Download (402Kb) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ingin melakukan studi kajian literatur tentang bagaimana tendensi wanita tidak menikah pada rentang usia dewasa awal sampai dewasa akhir di berbagai negara sebagai salah satu proses penelitian disertasi. Desain studi kajian literatur ini ialah narrative review dari berbagai hasil penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang telah dipublikasikan dalam bentuk jurnal, proceeding dan penulisan ilmiah on line. Studi kajian literatur tentang tendensi wanita tidak menikah ini diperoleh dari beberapa hasil penelitian di berbagai negara, meliputi : Amerika, Cina, India, Indonesia, Israel, Jerman dan Malaysia. Adapun tema-tema diperoleh dari studi kajian literatur tersebut, meliputi : 1) Peningkatan prosentase jumlah wanita tidak menikah ; 2) Latar belakang/alasan menjadi wanita tidak pernah menikah / mempertahankan tidak menikah hingga saat ini ; 3) Tipe dan siklus lajang ; 4) Stigma sosial; 5) Ambivalensi ; 6) Keuntungan ; 7) Kerugian/problem-problem yang dialami; 8) Persepsi orang pada umumnya/keluarga terhadap wanita tidak pernah menikah vs persepsi wanita tidak menikah ; 9) Peran dukungan sosial ; 10) Coping yang dilakukan; dan 11) Pemenuhan tahapan tugas perkembangan : intimacy dan generativity. Hasil ulasan tema-tema tersebut dapat memberikan masukan yang berarti terhadap topik-topk kajian penelitian selanjutnya tentang wanita tidak menikah, seperti stigma sosial, konsep diri, persepsi wantia tidak menikah terhadap status tidak menikah dan status menikah dan persepsi wanita menikah terhadap status tidak menikah dan status menikah pada generasi wanita masa kini, well-being, coping stress, dan empowering.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: ambivalensi, coping, empowering, intimacy dan generativity, tipe dan siklus lajang, dan stigma sosial.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 30 Oct 2017 03:10
Last Modified: 26 Nov 2018 04:18
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31013

Actions (login required)

View Item View Item