., Singgih (2016) Analisis Pengukuran dan Perbaikan Warehouse Performance Distribution Center Di PT. X. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_3933_Abstrak.pdf Download (55kB) | Preview |
Abstract
PT. X adalah perusahaan bergerak pada bidang retail sehingga gudang pusat distribusi (distribution center) merupakan salah satu faktor utama dalam menyuplai gerai -gerai yang ada. Sebagai salah satu faktor utama pusat distribusi memerlukan pengukuran kinerja yang tepat karena dengan pengukuran kinerja yang tepat dapat membuat proses pada pusat distribusi dapat terkontrol dengan baik, pengukuran ini dibutuhkan oleh pihak manajemen agar dapat mengetahui keadaan yang ada, mengevaluasi, dan mengatur atau mengendalikan proses pada pusat distribusi. PT X telah melakukan pengukuran kinerja terhadap distribution center yang dimiliki dengan kriteria meliputi biaya, persentase barang hilang, persentase barang rusak, stockout, DSI (Day Sales Inventory), service level picking, tetapi dalam pengukuran kinerja yang ada tidak mempertimbangkan aktivitas yang ada pada pusat distribusi sehingga pengukuran kinerja yang ada perlu dikembangkan dengan memperhatikan aktivitas yang ada pada pusat distribusi sehingga pengukuran dan evaluasi kinerja dapat lebih detail, dan memberikan evaluasi secara menyeluruh. Distribution center PT X memiliki 6 aktivitas utama yaitu receiving, putaway, storage, order picking, issuing, retur, yang ada saling berkesinambungan untuk menyuplai barang ke gerai – gerai retail yang ada. Dalam perancangan sistem pengukuran kinerja dengan memperhatikan aktivitas di dapatkan 14 Key Performance Indicator (KPI) yang digunakan dalam pengukuran kinerja distribution center PT X yang terbagi ke dalam aktivitas – aktivitas yang ada. Dalam pengukuran kinerja ini terdapat 1 aktivitas yang tidak dapat diukur karena keterbatasan data yang ada yaitu pada aktivitas putaway, selain itu terdapat 1 aktivitas yang dikembangkan dengan mempertimbangkan gabungan dari aktivitas atau indikator yang tidak termasuk dalam aktivitas yang ada tetapi memiliki pengaruh penting terhadap distribution center. Berdasarkan hasil pengukuran kinerja pusat distribusi PT X periode Januari 2016 hingga Juni 2016 didapatkan rata – rata kinerja 2,518 dalam range 4 yang termasuk dalam kategori baik, tetapi terdapat indikator – indikator yang memiliki nilai yang rendah, maka digunakanlah analisis gap dan IPA (importance-performance analysis) untuk menentukan indikator prioritas perbaikan hasil pengukuran kinerja dan didapatkan 6 indikator yang memiliki gap yang paling besar dan termasuk pada daerah prioritas perbaikan menurut IPA, yaitu Service Level picking, receiving accuracy, picking accuracy, stockout rate, Eq downtime, perfect order sehingga indikator - indikator tersebut menjadi prioritas perbaikan pada distribution center PT X . Setelah mengetahui prioritas perbaikan maka dibuatlah diagram sebab akibat pada masing – masing indikator prioritas untuk melihat akar masalah yang ada, dan dibuat usulan untuk menanggulangi masalah yang ada. Setelah mengetahui permasalahan serta usulan yang ada maka dibuatlah prioritas usulan perbaikan dengan bantuan HOQ (House of Quality) sehingga didapatkan prioritas usulan berikut : monitoring karyawan sesuai dengan aktivitas pusat distribusi sesuai dengan SOP yang berlaku sehingga sistem dapat berjalan dengan baik dan benar, pengaturan area putaway, area transit dan storage bayangan dengan pengelompokan penerimaan sesuai zona yang ada, update laporan posisi persediaan (LPP), perawatan mandiri material handling dan armada, perbaikan prasarana pusat distribusi berupa jalan aisle, pemberian data massa benda agar tidak over capacity, serta sertifikasi karyawan dalam material handling.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Warehouse management system, Warehouse performance, distribution center, WKPI |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 08 Nov 2017 03:36 |
Last Modified: | 08 Nov 2017 03:36 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31102 |
Actions (login required)
View Item |